Siap-siap, ada beasiswa di 17 perguruan tinggi bagi siswa di Meranti

id Beasiswa pendidikan di Meranti,Pemda Meranti,Rakor pendidikan

Siap-siap, ada beasiswa di 17 perguruan tinggi bagi siswa di Meranti

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil saat melakukan rapat koordinasi bersama puluhan kepala sekolah menengah atas (SMA) negeri sederajat dan swasta, Senin (14/2). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil melakukan rapat kordinasi bersama puluhan Kepala SMA, SMK, MA negeri, dan swasta di Aula Kantor Bupati, Senin.

Pada tahun ini, ada 45 SLTA di Kabupaten Meranti akan menamatkan 2020 siswa yang siap melanjutkan pendidikan lebih lanjut. Untuk itu, Bupati berharap tidak ada lagi anak daerah yang tidak bisa kuliah hanya karena alasan biaya.

"Sejauh ini sudah ada 17 perguruan tinggi di Riau dan di luar Riau yang kita sudah lakukan MoU. Menyusul dalam waktu dekat, UI, ITB, UNPAD dan Universitas Brawijaya," ungkap Bupati Adil dalam rakor tersebut.

Terkait hal itu, dia berharap semua anak Kepulauan Meranti yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi harus masuk pada universitas yang sudah melakukan MoU dengan Pemkab Meranti.

"Jadi bantuan (beasiswa) pendidikan itu kita titipkan ke universitas yang sudah kita kerjasamakan. Tinggal pilih mau di mana? di Riau, Sumatera Utara atau Pulau Jawa," sebutnya.

Saat ini Pemkab telah mendata kebutuhan sarjana untuk mengisi kekosongan yang ada di Kepulauan Meranti. Termasuk kebutuhan dokter umum, dokter spesialis, sarjana teknik, dan tamatan pendidikan lainnya.

"Kita sudah titipkan puluhan kuota dokter umum bagi anak Meranti di beberapa universitas. Ini terbuka untuk umum, siapapun anak Meranti yang lulus seleksi bisa mendapatkannya," jelas dia.

Tak hanya itu, para kepala sekolah dan guru juga bisa memanfaatkan program beasiswa tersebut untuk melanjutkan pendidikan sebagai upaya peningkatan kapasitas tenaga pendidik.

"Sebagai garda terdepan dalam proses pendidikan siswa di Meranti, saya berharap para kepala sekolah dan guru juga bisa maksimal dalam mencetak generasi yang unggul menuju Meranti cerdas," harap mantan anggota DPRD Provinsi Riau itu.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti Rosita menambahkan para kepala sekolah SMA sederajat di Meranti diminta agar menyiapkan para siswa-siswinya yang akan menamatkan pendidikan.

"Informasi ini disampaikan kepada anak-anak kita, bahwa ada program kuliah gratis bagi anak Meranti di kampus yang sudah dikerjasamakan. Mari manfaatkan program strategis bupati ini," tutur Rosita.