Akhirnya Omicron masuk ke Pekanbaru, jangan panik

id Omicorn, masuk, Pekanbaru, pertama, kali.,Omicron pekanbaru

Akhirnya Omicron masuk ke Pekanbaru, jangan panik

ilustrasi vairan Omicron (ANTARA/Andi Firdaus)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinas) Provinsi Riau mengumumkan virus Omicron sudah memasuki Kota Pekanbaru, lewat seseorang dengan inisial Em yang baru melakukan perjalanan dari Batam.

Salah seorang warga Pekanbaru yang terdeteksi terkonfirmasi varian baru virus COVID-19 Omicron itu di-swab dan hasil pemeriksaan laboratorium di Batam, Sabtu (29/1) terkonfirmasi positif.

"Ya ada seorang warga Riau, ber-KTP Pekanbaru terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron. Warga Pekanbaru ini pemeriksaannya di Batam, sekarang sudah di Pekanbaru," kata Pelaksana tugas (Plt) Kadiskes Riau Masrul Kasmi di Pekanbaru, Sabtu.

Masrul Kasmi mengatakan, warga Pekanbaru tersebut melakukan perjalanan ke Batam, diperiksa sample swabnya pada tanggal 26 Januari, dan hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron.

"Kami menerima surat dari Batam dan diteruskan ke Diskes Kota Pekanbaru dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), untuk itulah kita minta Diskes Kota Pekanbaru untuk melacak keberadaan warga Pekanbaru yang terdeteksi Omicron," katanya.

Masrul Kasmi mengatakan, setelah dilakukan pelacakan terhadap warga Pekanbaru tersebut, selanjutnya dilakukan tracing dan testing bagi setiap orang yang berada dekat dengan pasien tersebut.

"Tentu untuk memutus mata rantai penyebarannya dilakukan tracing dan testing. Kita belum tau persis dimana tinggalnya dan kita serahkan Pemko untuk melacaknya. Masyarakat jangan panik atas temuan ini, yang terpenting sama-sama menjaga protokol kesehatan," tukas Masrul Kasmi.