Semarak gelaran HUT ke-84 Antara, Biro Riau banjir karangan bunga dan ucapan

id HUT Antara, Biro Riau, HUT 84

Semarak gelaran HUT ke-84 Antara, Biro Riau banjir karangan bunga dan ucapan

Puluhan karangan bunga dan ucapan meriahkan peringatan HUT ke-84 Antara di Biro Riau, Senin (13/12/2021). (ANTARADiana S).

Pekanbaru (ANTARA) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-84 Perum Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara di Biro Riau dibanjiri karangan bunga dan ucapan dari sejumlah relasi dan mitra. Papan bunga tersebut berjejer di sepanjang Jalan Sumatera hingga ke Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru, Senin.

Papan bunga yang berasal dari sejumlah pemangku kepentingan, mulai dari kepala daerah, jajaran pemerintahan, legislator, pihak swasta dan media ini rata-rata bertuliskan "Selamat Sukses HUT ke-84 Perum LKBN Antara". Mengalirnya ucapan dan harapan pada momen dirgahayu Antara, seakan menambah semangat dan gelora gelaran HUT di Biro Riau.

Dalam rangkaian peringatan HUT Antara, Biro Riau menggelar tiga agenda, yakni berbagi sembako ke penyapu jalan, Rabu (8/12). Ada kegiatan vaksinasi masal yang ditaja bersama Korem 031/Wira Bima, Jumat (10/12). Kemudian, dilanjutkan dengan pelatihan jurnalistik di salah satu hotel Pekanbaru, Sabtu (11/12).

Pada puncak peringatan HUT Antara, ditutup dengan pelaksanaan diklat jurnalistik internal kepada pewarta Biro Riau dan mahasiswa magang. Diklat dipandu oleh moderator dari Bimtek Pusdiknas, Frislidia yang juga merupakan wartawan senior Antara Riau.

Saat pelatihan bergulir, keceriaan dan suasana kekeluargaan sangat kental terasa. "Diklat tetap santai tetapi juga serius saat membedah berita guna mendapatkan pengayaan untuk seluruh wartawan Antara Biro Riau agar bisa bertumbuh bersama guna mencerdaskan masyarakat Riau, serta mendorong percepatan pembangunan di Riau dengan karya-karya bernas kuli tinta Antara," kata Lidia.

Peserta diklat berasal dari seluruh wartawan Antara dari kabupaten/kota di Riau, diajak berkolaborasi dalam diskusi yang bernas guna menggali potensi SDM Antara di daerah dalam upaya membesarkan Antara Riau dengan senantiasa memperkuat koordinasi untuk menyongsong 2022 dengan tekad bekerja kembali dengan semangat yang tinggi.

"Antara Riau diibaratkan sebagai organisasi bak sebuah sapu lidi, jika lidi-lidi yang banyak diikatkan, disatukan, maka sudah yakin bisa menyapu halaman. Sebaliknya satu lidi sudah jelas tidak bisa memiliki kekuatan untuk menyapu, sehingga tersirat bahwa kekuatan bersama yang solid diyakini akan mampu membesarkan Antara Riau. Mari dengan niat yang tulus ikhlas, kita perkuat koordinasi secara santun, jujur, rajin dan tetap semangat bersama, pasti kita bisa," kata Lidia

Peserta dikondisikan agar bisa segar dengan mengikuti senam pinguin termasuk Kabiro Antara Riau ikut senam, agar materi diklat yang disampaikan bisa terserap dengan baik. Didahului dengan yel-yel Antara Kuat, Antara Sehat, Bertumbuh Bersama, Yess! diteriakan dengan lantang dan bersemangat oleh seluruh peserta Diklat.

Pewarta Antara Riau dan mahasiswa magang mengikuti pelatihan jurnalistik di salah satu hotel Pekanbaru, Sabtu. (ANTARA/AswadyHamid).


Bahkan saat setelah sesi isoma, antar satu peserta juga diajak oleh moderator untuk saling memijat bahu peserta lainnya secara bergantian.

"Pokoknya seru deh, sepertinya diklat yang kami ikuti serasa tanpa beban, penuh keceriaan dan materinya sampai. Beda dengan diklat pada umumnya peserta justru dicekokin materi tugas-tugas yang berat. Tentu sangat melelahkan. Saat diklat tadi kami benar-benar menikmati tanpa terasa waktu berlalu dengan cepat namun tidak begitu kelelahan, terimakasih panitia, semoga Antara terus berjaya dan menjadi portal terdepan, terbesar di Riau, Aamiin," kata salah satu peserta diklat, Netty.

Sementara itu, peserta Diklat lainnya, Aswaddymengatakan diklat jurnalistik yang digelar sangat membantunya dan rekan-rekan wartawan lain dalam bertugas.

"Semoga diklat seperti ini bisa digelar setiap tahun sekaligus menjadi ajang bersilaturahmi," kata Aswady yang merupakan pewarta foto Antara Riau.