WK Rokan diharapkan produksi minyak bumi 100.000 barel/hari

id Pemrov Riau,Blok rokan,wk rokan

WK Rokan diharapkan produksi minyak bumi 100.000 barel/hari

Pemerintah Provinsi Riau berharap bisa menambah produksi minyak bumi hingga 100.000 barel per hari dari Lapangan Minas. (ANTARA/HO-PHR)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau berharap PT Pertamina Hulu Rokan bisa menambah produksi minyak bumi hingga 100.000 barel per hari dari Lapangan Minas dan pada 2024 produksi Wilayah Kerja Rokan bisa meningkat mencapai 500.000 barel per hari.

"Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan empat komitmen Pertamina dalam Rencana Daerah dalam Kerjasama Blok Rokan yakni Pertamina memberikan kontribusi dari hasil Blok Rokan terhadap Pendapatan Bagi Hasil Daerah, Pertamina berkomitmen bahwa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berhak atas Participating Interest Sepuluh Persen (PI 10 persen) Blok Rokan," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau, Rudy H. Saleh di Pekanbaru, Kamis (25/11).

Menurut dia, mengenai PI 10 persen yang diamanahkan, dimana Pemerintah Provinsi Riau akan ikut di dalamnya, maka diharapkan mekanisme proses pengalihan PI 10 persen dapat berjalan dengan lancar dan bisa dipercepat.

Ini jadi masukan juga bagi Pertamina Hulu Rokan agar birokrasi atau koordinasi internal Pertamina itu bisa dipercepat.

"Bagian ketiga komitmen yang ditetapkan untuk Pertamina adalah kegiatan operasional Blok Rokan akan melibatkan partisipasi Perusahaan lokal baik dalam bentuk barang dan jasa, amupun tenaga kerja," katanya.

Baca juga: PHR berhasil bor sumur ke-100 di Riau

Keempat, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan akan bersinergi dengan pemerintah daerah agar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan.

"Harapan kami ke depan Pertamina kurang lebih menguasai 80 persen di Riau. CSR itu tidak dilakukan secara parsial tetapi secara terpadu yaitu bagaimana Pertamina Coorporate mendesain CSR/Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan itu disinergikan dengan program pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi Riau meliputi kabupaten/kota," kata Rudy H. Saleh

Selain itu CSR ini dapat melibatkan perguruan tinggi di Riau untuk melakukan pengembangan-pengembangan seperti peningkatan kualitas SDM, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan dan infrastruktur.

"Terkait rekrutmen tenaga kerja lokal, diberikan ruang khusus kepada putra-putri Riau untuk bisa berkontribusi terhadap Blok Rokan, mungkin ini adalah poin penting. Kami berharap blok Rokan ini berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Riau," katanya.

Baca juga: PHR WK Rokan sumbang pendapatan Rp2,7 triliun bagi negara