Guberi harap PCR lebih banyak tampung anak tempatan

id pcr, pcr riau, kampus pcr, gubri

Guberi harap PCR lebih banyak tampung anak tempatan

Gubernur Riau Syamsuar saat meninjau Labor yang dimiliki  Mechanical & Electrical Workshop  PCR, Pekanbaru, Jumat (19/11/2021). ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar sangat mengapresiasi perkembangan pembangunan Politeknik Caltex Riau (PCR), baik dari sumber daya manusia maupun fisik, sehingga berpesan semakin banyak anak asal Bumi Lancang Kuning tersebut yang bisa kuliah di situ.

"Kami sangat mendorong dan mendukung PCR berkarya dan menjadi institusi yang besar sehingga semakin banyak anak Riau yang menjadi lulusannya," kata Gubernur Riau Syamsuar, usai meresmikan Mechanical & Electrical Workshop Politeknik Caltex Riau di Pekanbaru, Jumat.

Syamsuar usai peninjauan juga mengaku kagum dengan kelengkapan Labor yang dimiliki Mechanical & Electrical Workshop PCR karena semua yang diajarkan sangat diperlukan di masa datang dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM).

Apalagi, lanjutnya, PCR terbaik nomor 13 secara Nasional dari 343 vokasi di Indonesia. Maka Pemprov Riau akan terus mendukung tercapainya target 10.000 mahasiswa ke depan, dengan perbaikan fasilitas seperti yang baru diresmikan saat ini.

Ia juga secara pribadi berharap PCR menjadi mandiri dan membanggakan untuk Riau dan Nasional. Guna mewujudkan SDM yang beriman berkualitas dan berdaya saing.

"Salah satu ini fasilitasnya yang dipersiapkan kedepan pasti ada fasilitas kuliah dengan seluas lahan ini, karena ini masih lahan Pemerintah Daerah kami coba nanti akan bicarakan dengan DPRD kalau bisa kita hibahkan saja, supaya ini nanti murni jadi aset PCR," katanya.

Ketua Umum YPCR Drs. Azhar, M.M. dalam sambutannya mengungkapkan terimakasih atas kesediaan Gubernur Riau untuk hadir dan meresmikan Mekanikal & Elektrikal Workshop.

"Kehadiran Gubernur Riau mempunyai arti tersendiri bagi civitas akademika PCR dan memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal, terampil dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan industri yang berkembang pesat di Provinsi Riau khususnya maupun di Indonesia pada umumnya sebagaimana yang diamanahkan oleh para Pendiri PCR serta dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Azhar juga mengatakan pembangunan gedung workshop mekanikal & elektrikal yang diresmikan oleh Gubernur Riau hari ini merupakan salah satu tahapan pembangunan fasilitas dalam mencapai visi 10.000 mahasiswa. Mahasiswa pcr saat ini berjumlah 2.158 orang.

"Pekerjaan pembangunan dilaksanakan oleh PT Marbun Konstruktor Indonesia Pekanbaru. Gedung workshop ini memiliki 7 ruang laboratorium/bengkel kerja, 1 ruang kelas, 2 Ruang kantor, 1 hall dan 1 ruang tamu dengan total luas bangunan 1,180 m2 yang Terdiri dari lantai I seluas 880 m2 dan lantai II seluas 320 m2 ," katanya.

Azhar juga mengungkapkan bahwa Pekerjaan pembangunan workshop ini dimulai pada 2 November 2020 dan selesai pada 28 Juli 2021 dengan biaya sebesar Rp9.105.856.000 yang sepenuhnya dari dana yang dimiliki oleh Yayasan Politeknik Chevron Riau.