Fakultas psikologi sejumlah perguruan tinggi Islam kunjungi Siak

id Psikologi, visitasi akademik, siak, pemkab siak

Fakultas psikologi sejumlah perguruan tinggi Islam kunjungi Siak

Fakultas Psikologi sejumlah perguruan tinggi Islam. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Wakil Bupati Siak Husni Merzamenerima visitasiakademik Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim II Riau, UIN Raden Patah Palembang, UIN Imam Bonjol Padang, dan Institut Agama Islam Negeri Batu Sangkar ke Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.

Rombongan yang terdiri dari kurang lebih 30 orang itu diketuai oleh Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Kusnadi. Diamenjelaskan, bahwa di psikologi memiliki visi yaitu melahirkan psikolog yang terintegrasi dengan keislaman dan kearifan lokal.

Produknya yakni psikolog yang islami namun juga memiliki kearifan lokal, bicara kearifan lokal rujukannya adalah melayu Riau dan melayu Riau adalah jelas arahnya pasti ke Siak.

"Kami di sini itu mau membuat satu karya atau produk yang sifatnya adalah kerjasama dari beberapa perguruan tinggi, yang produk itu nantinya menjadi karya bersama bahkan menjadi tingkat nasional," ucapnya.

Pada Oktober ini, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Maastricht University di Belanda. Pasalnya di sana yang salah satunya juga menampilkan kaitannya psikologi berbasis kearifan lokal.

Maka dari itu, Kusnadi bersama anggota, meminta izin nantinya jika pihaknya menayangkan simbol maupun logo tentang keislaman melayu Siak.

Sebabnya kemarin BEM Fakultas Psikologi telah memenangkan tender untuk Mukernas BEM Psikologi se - Indonesia.

"Artinya, mulai dari Aceh sampai ke Papua atau Papua ke Aceh, kami mohon izin juga jika mungkin nanti akan terpampang logo atau simbol melayu keislaman Siak," ujarnya

Wakil Bupati Siak Husni Merza dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Siak tergabung dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Ada beberapa cagar budaya yang dimiliki, diantaranya ada Istana Siak, Masjid Syahabuddin, Makam Sultan Syarif Kasim dan lain sebagainya.

Wabup Siak Husni menambahkan, apa yang diusahakan saat ini seakan-akan seperti membangkitkan batang terendam, karena Siak dahulu merupakan daerah yang luar biasa besar kekuasaannya. Bahkan, Siak terkenal karena sultan pertamanya yang merupakan pewaris tahta kerajaan Johor yang ada kaitannya dengan Istana Pagaruyung.

"Nanti Bapak-Ibu akan mempelajari terkait dengan kebudayaan melayu, maka nanti kita akan perlihatkan sejauh mana kita sudah melakukan hal tersebut. Atau pun hal yang nanti ingin dieksplor dari kita, kami persilahkan dan kami juga membuka bagaimana Siak ini semakin banyak diteliti oleh orang," ujar Husni.