Pustaka Soeman HS, Hanya Miliki Belasan Ribu Buku

id pustaka soeman, hs hanya, miliki belasan, ribu buku

Pekanbaru, (antarariau) - Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Riau, saat ini memiliki koleksi buku sebanyak 11.588 eksemplar yang terdiri dari 6.750 judul, namun jumlah pengunjung relatif sepi.

"Saat ini jumlah buku di perpustakaan ada sebanyak 11.588 eksemplar dengan 6.750 judul. Cukup banyak untuk perpusataakn daerah, namun disayangkan, jumlah pengunjung relatif sepi," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, di Pekanbaru, Kamis.

Selain belasan ribu koleksi buku, demikian Ayat, Perpustakaan Soeman HS juga memiliki 34 pos penunjang yakni pustaka keliling dengan kendaraan opreasional yakni dua unit mobil dan dua unit sepeda motor keliling.

Sebenarnya pula, kata dia, jumlah koleksi buku di perpustakaan ini masih memiliki rasio 1:0,86, atau masih sangat jauh jika dibandingkan dengan standar UNESCO dimana rasio buku perpustakaan adalah satu banging 10 (1:10).

Untuk itu, kata Ayat, ke depan pemerintah akan lebih gencar dalam mengoptimalkan kampanye gemar membaa ke seluruh masyarakat disamping untuk meningkatkan sarana dan prasarana perpusatakaan termasuk menambah koleksi buku.

"Upaya kampanye gemar membaca ini nantinya akan dilaksanakan oleh dinas atau badan terkait yang sebaiknya melibatkan pihak sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Pekanbaru," katanya.

Data Dinas Pendidikan setempat menyatakan, bahwa saat ini di Pekanbaru terdapat sebanyak 104.771 orang siswa Sekolah Dasar (SD), dan sebanyak 37.131 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sementara untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), diperkirakan ada sebanyak 20.539 orang dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ada sebanyak 19.444 orang.

Jumlah tersebut dirincikan meningkat jika dibandingkan dengan jumlah siswa berbagai jenjang pendidikan di tahun-tahun sebelumnya.