Bupati Bengkalis minta Tanoto Foundation bantu atasi masalah anak dalam belajar

id pemkab bengkalis,Tanoto, bengkalis

Bupati Bengkalis minta Tanoto Foundation bantu atasi masalah anak dalam belajar

Bupati Bengkalis menerima kunjungan tim Tanoto Foundation Riau di ruang utama Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni menyebut kegiatan pembelajaran di sekolah selama pandemi COVID-19 memerlukan perhatian semua pihak, salah satunya Tanoto Foundationagar bisa mengatasi kemampuan anak dalam belajar terutama untuk kalangan siswa kelas awal.

"Melalui kesempatan ini saya meminta agar kerjasama dengan Tanoto Foundation terus ditingkatkan di masa depan agar membantu kami mengatasi masalah pembelajaran," ujar Kasmarni saat menerima kunjungan tim Tanoto Foundation Riau di ruang utama Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Selasa, (8/6).

Selain iti siswa kelas awal memerlukan pendampingan khusus oleh guru dan orangtua. Sementara itu tidak semua orangtua memiliki kecakapan memadai mendampingi anak dalam belajar dari rumah.

"Siswa kelas awal di sekolah dasar paling terdampakpandemi ini," ujarnya.

Ia mengakui Tanoto Foundation telah membuat kapasitas tenaga pendidik di Bengkalis semakin meningkat dan berharap agar sumberdaya yang terlatih itu terus tidak hanya mengajarkan untuk siswanya saja melainkan juga untuk siswa lainnya.

"Kami merasakan kapasitas guru yang telah mendapatkan bantuan teknis Tanoto Foundation di Bengkalis cukup signifikan," tukasnya.

Koordinator Tanoto FoundationProvinsi Riau Dendi Satria Buana mengaku siap membantu pemerintah Bengkalis mengurangi learning loss akibat pandemi.

"Tanoto Foundation baru saja melatihkan modul unit 3 bagi fasilitator daerah di Bengkalis, berupa teknik pembuatan video pembelajaran yang interaktif," ujarnya.

Diharapkan seluruh fasilitator di Bengkalis sekaligus sebagai aset di daerah itu untuk bisa membuat video pembelajaran menggunakan android.

Selain itu untuk mendorong pengembangan kapasitas dan kualitas sekolah secara berkelanjutan, program PINTAR Tanoto Foundation meluncurkan program pelatihan berbasis digital Learning Management System (LMS) yang diberi nama e-PINTAR

"Melalui e-PINTAR, para guru dilatih mengembangkan pembelajaran aktif dengan unsur MIKiR atau mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi; mengembangkan pertanyaan yang mendorong siswa berpikir produktif, imajinatif, dan terbuka; serta pengelolaan kelas sehingga siswa dapat lebih efektif dalam pembelajaran jarak jauh atau tatap muka," kuncinya.

Hadir dalam audiensi, Asisten Administrasi Setda Bengkalis H.T. Zainuddin, Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura, Pelaksana Tugas Kemenag Bengkalis H. Khaidir, Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis Agusil Pridimalis, dan dua Staf Ahli Bupati Bengkalis.

Baca juga: Jadi Tim Pokja RPJMD Siak, Tanoto Foundation Riau fokus isu pendidikan

Baca juga: Kadisdik Dumai dukung program Orangtua Sahabat Belajar Anak


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar