Atlit PON Diminta Ikut Tanggung Biaya Akomodasi

id atlit pon, diminta ikut, tanggung biaya akomodasi

Pekanbaru, (antarariau) - Ketua Panitia Besar PON Riau, Syamsurizal, mengatakan setiap atlet dan ofisial tetap harus ikut menanggung setengah dari biaya akomodasi dan konsumsi pada penyelenggaraan PON XVIII di Provinsi Riau.

"Mana bisa gratis semua, tidak ada kita menjanjikan itu. Bisa marah orang KONI nanti," kata Syamsurizal kepada ANTARA di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, Riau sebagai tuan rumah PON hanya akan menanggung biaya akomodasi dan konsumsi atlet sebesar 50 persen dan sisanya akan ditanggung KONI tiap daerah. Menurut dia, biaya yang harus dikeluarkan untuk satu atlet tidak mahal, yakni hanya Rp175.000 per hari untuk tiap atlet.

"Total biaya sebenarnya Rp350 ribu tapi dibangi dua. Itu sudah termasuk makan tiga kali dan hotel, sudah murah itu," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan hingga kini belum ada satu daerah pun yang sudah menyetorkan biaya untuk atlet dan ofisial tersebut.

"Saya harap sebelum mereka pulang dari Riau saat PON, semuannya sudah dibayarkan," katanya.

Mengenai penginapan atlet, panitia besar akan menempatkan atlet di hotel berdasarkan cabang olahraganya. Pengaturan distribusi atlet sudah dilakukan sejak di Bandara.

Pembukaan PON XVIII di Riau akan diselenggarakan sesuai jadual yakni mulai tanggal 9 hingga 20 September 2012.

Ada 10 daerah di Riau yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan cabang olahraga meliputi Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Rokan Hulu.

Perhelatan nasional itu akan mempertandingkan 39 cabang olahraga. Berdasarkan data PB PON XVIII Riau, tidak kurang 10.455 orang terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial bakal terlibat dalam iven olahraga empat tahunan itu.