Tiga atlit Dumai ikut ke PON Papua, KONI serahkan bantuan

id KONI Dumai, PON Papua, Walikota Dumai,Pon 2020

Tiga atlit Dumai ikut ke PON Papua, KONI serahkan bantuan

Walikota Dumai Paisal serahkan bantuan dana lima juta rupiah kepada atlit asal Dumai yang ikut bertanding dalam PON XX Papua Tahun 2021. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Tiga atlit dari Dumai turut dikirim ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 bergabung dalam Kontingen Provinsi Riau. Walikota Paisal harap bisa mengharumkan nama daerah dengan prestasi membanggakan.

Atlit yang bergabung dalam Kontingen Riau untuk PON XX Papua, yaitu, Ade Andriani (38) Cabang Olahraga Panjat Tebing, Dikka Gustianda (21) Cabang bermotor dan Zainuddin di senam aerobik.

Ade Andriani atlit Panjat Tebing merupakan peraih Medali Emas dalam Kejuaraan Daerah Riau Tahun 2020 di Bangkinang Kabupaten Kampar, dan Kejuaraan Wilayah Sumatera Tahun 2020.

Kemudian, Dikka Gustianda pernah meraih Medali Emas di Kejurda Riau Tahun 2018 dan Kejurnas Motoprix Sumatera Tahun 2019.

Walikota Dumai Paisal mengapresiasi kerja bersama dan sinergis Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Dumai dan pengurus cabang olahraga sehingga bisa menyiapkan atlit ikut berkompetisi dalam PON XX Papua Tahun 2021.

"Di tengah pandemi COVID-19 ini Dumai tetap bisa mempersiapkan tiga atlit berprestasi masuk mewakili Riau ke PON di Papua Oktober 2021 nanti. Kita berdoa semoga atlit kita tetap sehat dan bisa membawa pulang medali," kata Paisal usai menyerahkan bantuan KONI Rp5 juta per atlit PON asal Dumai, Kamis.

Disebutkan, Pemkot Dumai siap mendukung program dan kegiatan KONI dalam rangka memajukan dan mengembangkan dunia olahraga dan melahirkan bibit atlit potensial untuk mengharumkan nama daerah.

Untuk peningkatan atlit olahraga dan pembinaan pengurus cabang, Pemkot Dumai akan mendorong perusahaan agar mau menjadi bapak angkat setiap pengurus cabang, bukan untuk peningkatan fasilitas, tapi pembinaan atlit.

"Perusahaan akan didorong menjadi bapak angkat agar bisa kita gaungkan prestasi olahraga. Pemkot Dumai siap mendukung perkembangan cabang olahraga," sebut walikota.

Sementara, Ketua KONI Khairuddin mengatakan, tiga atlit peserta PON Papua asal Dumai ini sudah masuk dalam SK Gubernur Riau, dan dari rencana awal akan dilakukan pelepasan secara resmi, namun tidak bisa terlaksana karena ada beberapa kendala.

"Tiga atlit ini rencana kita mau dilakukan pelepasan, namun karena ada yang sudah masuk karantina pusat pelatihan dan mulai berangkat," sebut Khairuddin didampingi Sekretaris KONI M Said, Wakil Ketua Sarifuddin, dan sejumlah Ketua Bidang, Berton, Ibnu Chalik dan Adel Iskosa, dan dihadiri juga Kabid Olahraga Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dumai Miswandi.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021