Koni Dumai laksanakan Porkot III

id koni, dumai laksanakan, porkot iii

Dumai, (Antarariau.com) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kota Dumai, Riau, menyelengggarakan Pekan Olahraga Kota (Porkot) III sebagai wahana menjaring atlet untuk Porda Riau 2014.

Sekretaris Umum KONI Dumai Annora Arsan di Dumai, Senin, menyatakan, iven olahraga tahunan KONI Dumai ini akan diikuti sebanyak 1.280 atlet yang akan uji kemampuan dalam 13 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Porkot akan dibuka malam ini oleh walikota dan diselenggarakan selama sepekan kedepan dengan jumlah 398 medali yang akan diperebutkan dari berbagai cabang olahraga," terang Annora.

Porkot III mengambil tema "Dengan sportifitas kita bangun budaya disiplin, kokohkan persaudaraan untuk tingkatkan prestasi anak negeri menuju Porda VIII Riau di Indragiri Hulu Tahun 2014".

Annora menjelaskan, Porkot ini akan diikuti sekitar 3.000 peserta, yaitu selain atlet, juga 182 official dari 7 kontingen setiap kecamatan yang ada di kota berjuluk mutiara pantai timur sumatera ini.

"Untuk mengadili setiap pertandingan akan melibatkan 418 orang wasit dan 250 orang panitia yang bertugas menyelenggarakan iven olahraga bergengsi daerah ini," sebut Annora.

Soal pembiayaan Porkot ini, menurut Annora, murni bersumber dari alokasi anggaran pemerintah daerah sebesar Rp2,5 miliar, dan Rp1,4 miliar diantaranya didistribusikan untuk keperluan persiapan kontingen di 7 kecamatan.

"Anggaran yang kita terima dari APBD daerah untuk melaksanakan Porkot ini terbuka untuk konsumsi publik dengan harapan dapat berjalan baik dan lancar demi menjalankan amanah dan undang-undang tahun 2003 tentang pelaksanaan iven olahraga di daerah," ungkapnya.

Dalam seremoni pembukaan Porkot ini, Annora menyatakan, akan dilakukan pembacaan puisi dan penyalaan api Porkot oleh Mawarni yang merupakan atlit Marathon Sea Games asal Dumai yang tengah hamil 5 bulan namun bersedia berlari sejauh 1 kilometer demi suksesnya ajang ini.