Razia dadakan, petugas temukan ini di kamar warga binaan Lapas Selatpanjang

id lapas selatpanjang, sidak lapas,sidak rutan,kemenkumham riau

Razia dadakan, petugas temukan ini di kamar warga binaan Lapas Selatpanjang

Suasana inspeksi mendadak di Lapas Selatpanjang. (ANTARA/HO-Lapas Selatpanjang)

Selatpanjang (ANTARA) - Petugas gabungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Selatpanjang bersama anggota Koramil 02 Tebingtinggi secara mendadak menggelar razia di kamar hunian warga binaan, Senin (31/5) malam.

Pantauan di lapangan, tampak petugas lapas didampingi anggota TNI menggeledah dan memeriksa seluruh bagian kamar sel atas dari warga binaan.

Selama pelaksanaan razia, protokol kesehatan seperti menggunakan masker hingga sarung tangan tetap diterapkan oleh petugas.

Kepala Lapas Selatpanjang Khairul Bahri Siregar mengatakan, razia dilaksanakan atas perintah Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Riau, saat melaksanakan zoom meeting dengan seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Riau secara serentak di hari yang sama.

Pelaksanaannya, kata Bahri, tetap dilakukan dengan cara yang humanis kepada warga binaan yang akan dirazia kamarnya. Ada sembilan kamar warga binaan yang dihuni sebanyak 302 orang diperiksa petugas.

"Yang diperiksa petugas ada 8 kamar blok laki-laki, dan satu kamar pada blok wanita," ujar Bahri.

Bahri mengatakan, tidak ada benda yang paling diantisipasi dalam razia tersebut seperti narkoba dan alat komunikasi. Bahkan kata dia, pelaksanaan razia dadakan itu berjalan dengan lancar dan tidak menemukan kendala.

"Kita mensyukuri seperti yang telah kita sampaikan diawal. Alhamdulillah untuk temuan narkoba zero, kemudian alat komunikasi seperti HP kita zero," ungkapnya.

Adapun benda-benda yang diamankan antara lain yakni sendok, pisau cutter, rantang, benda logam dan non logam yang dianggap dapat berpotensi mengganggu keamanan.

Dirinya menyampaikan terimakasih kepada pihak TNI yang telah mendampingi dan mengawasi jalannya pemeriksaan.

Baca juga: Seorang pegawai Lapas Tembilahan dipecat, ini kasusnya

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini sebagai acuan kami, barometer kami atas pelaksanaan tugas khususnya di bidang pengamanan yang kami lakukan," tuturnya.

Tak hanya itu, dia menuturkan agenda rutin ini akan tetap dilaksanakan selama satu kali dalam sepekan. Ia mengakui meski sudah beberapa kali dilakukan, sejauh ini kondisi Lapas Selatpanjang tetap relatif aman dan kondusif.

"Kita berharap dengan adanya agenda rutin ini keamanan dan ketertiban di dalam lapas tetap terjaga," pungkasnya.

Dapat disampaikan juga, proses pelaksanaan razia diikuti langsung oleh Kepala Lapas Selatpanjang Khairul Bahri Siregar bersama seluruh petugas serta didampingi oleh perwakilan Danramil 02 Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan yaitu Serda M Amri dan Serda Pardin Paramay.

Baca juga: Razia di Rutan Siak, petugas temukan satu ponsel dan puluhan korek api gas