Bank BRI Kanwil Pekanbaru berbagi kasih di tengah pandemi

id Bri berbagi,Bri pekanbaru, bri riau, bri kanwil pekanbaru

Bank BRI Kanwil Pekanbaru berbagi kasih di tengah pandemi

Bantuan ambulans di salah satu Polres di Riau oleh BRI Kanwil Pekanbaru. (ANTARA/HO-BRI)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah dan masyarakat sudah mengetahui bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu kewajiban dari perusahaan baik itu perusahaan BUMN, BUMD, Perusahaan Perbankan, Perusahaan Pembiayaan, Perusahaan Pemegang Izin Usaha Pertambangan maupun perusahaan-perusahaan lainnya yang bergerak dalam dunia penanaman modal.

Karena CSR adalah kewajiban perusahaan yang diatur sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang mana termuat dalam pasal 1 ayat (3), pasal 66 ayat (2) dan pasal 74 ayat (1).

Pandemi COVID-19 yang mewabah sejak tahun 2020, telah membuat semua sektor mengalami krisis, baik ekonomi, kesehatan dan sebagainya, hingga kehilangan nyawa.

Penderitaan yang dialami masyarakat coba diringankan oleh Bank BRI Kantor Wilayah Pekanbaru lewat CSR.

"Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada sosial dan lingkungan sekitar di mana BRI berada, BRI Kanwil Pekanbaru telah melakukan kegiatan CSR dalam berbagai bidang," kata Senior Manager BRI Kanwil Pekanbaru, Wa Ode Kurniati di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan Wa Ode, ada beberapa bidang yang jadi fokus penanganan CSR oleh BRI Kanwil Pekanbaru yakni bidang kesehatan, kelestarian lingkungan, pendidikan, dan sebagainya.

Untuk bidang kesehatan tahun 2020 semasa pandemi COVID-19, BRI Kanwil Pekanbaru telah menyumbang beberapa unit ambulans bagi kabupaten/kota se-Riau.

"Pertama pemberian ambulans ke Polres Indragiri Hulu melalui BRI Cabang Rengat, lalu ke Polres Kuantan Singingi melalui BRI Cabang Teluk Kuantan," katanya.

Bantuan ini diharapkan mampu mempermudah tim satgas COVID-19 untuk mengangkut pasien dan proses pengamanan dari rumah ke tempat isolasi.

Selain itu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat memutus mata rantai penularan COVID-19, BRI juga turut menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan (Prokes) dengan menerapkan 4 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan). Sembari membagi-bagikan bantuan masker bagi para pedagang.

"Pemberian masker ke pasar - pasar rakyat dalam rangka memutus pandemi COVID-19 ini penting, karena mereka rawan tertular sebab banyak kerumunan, apalagi pedagang kadang tidak perduli dan sepele terhadap kesehatan," katanya.

Pelestarian sungai di Kota Dumai. (ANTARA/HO-BRI)


Selain itu, bidang kelestarian lingkungan juga tidak luput dari sentuhan BRI Kanwil Pekanbaru, karena penyelamatan alam berperan untuk generasi penerus bangsa.

Salah satunya untuk menyelamatkanDaerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Kali Jaya Mukti, Dumai yang kini sudah alami kerusakan alam akibat tangan jahil. Untuk itu perlu dilakukan konservasi setidaknya mencoba sebelum terlambat menyelamatkan biota tanam danikan yang masih tersisa.

"Kami melakukan konservasi Sungai Kali Jaya Mukti dalam rangka HUT BRI ke-124 melalui BRI Cabang Dumai, dengan menanam bibit pohon pelindung di sepanjang DAS," katanya.

Sektor pendidikan juga bidang yang tak kalah penting jadi perhatian BRI Kanwil Pekanbaru, walau pandemi telah memindahkan siswa belajar jarak jauh dari rumah. Namun semangat untuk membangun pendidikan generasi penerus bangsa tetap berlanjut. Salah satunya dilakukan dengan memperbaiki infrastruktur sekolah.

Kali ini BRI Kanwil Pekanbaru merenovasi

bangunan SD Angkasa Lanud Roesmin Noerjadin.

"Pada dasarnya CSR tidak hanya terbatas kepada pemberian dana kepada masyarakat dan lingkungan sosial saja, tetapi juga meliputi menjaga hubungan jangka panjang yang baik dengan para pihak yang terkait dengan perusahaan," tukasnya.