PNM Pekanbaru latih emak-emak literasi keuangan untuk kelancaran usaha

id pnm, bri, pnm mekaar,pegadaian

PNM Pekanbaru latih emak-emak literasi keuangan untuk kelancaran usaha

Peserta pelatihan berfoto bersama. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pekanbaru bersama BRI dan Pegadaian mengadakan pelatihan literasi keuangan terhadap 100 perempuan yang menjadi nasabah PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) di Kawasan Rumbai dan Rumbai Pesisir, Rabu (27/11).

Pemimpin PNM Cabang Pekanbaru Turmuzi mengatakan melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Pelatihan ini merupakan pertama kali di tahun 2022 ini dimana PNM hanya mengundang 100 orang dari sekitar 8.000 orang nasabah PNM Mekar yang ada di kawasan Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini PNM memberikan literasi keuangan kepada nasabah yang masih kecil serta pelatihan cara menabung serta membuat laporan keuangan yang sederhana sehingga nantinya nasabah mampu mengembangkan usaha agar bisa pandai dan naik kelas.

Baca juga: Dukung ekonomi kerakyatan, BUMN bantu permodalan 12.700 Ibupreneur di Dumai

Menurut Turmuzi, ibu-ibu yang menjadi nasabah PNM Mekaar yang ikut pelatihan selama ini belum bisa mengatur modal usaha dan keuangan pribadi sehingga pencatatannya masih tercampur.

Untuk itu, lanjut Turmuzi, perlu diberikan pelatihan cara mengelola keuangan sehingga akan terlihat pendapatan dan keuntungan.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan para nasabah mampu mengembangkan usaha, dan menjadi lebih cerdas sehingga bisa naik kelas.

Senada dengan itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan SekdakoPekanbaru Mahyudin yang turut dalam pelatihan tersebut mengatakan kegiatan ini sangat positif dan Pemko Pekanbaru sangat mendukung kolaborasi yang baik antara PNM, BRI dan Pegadaian.

Baca juga: Dalam dua tahun, nasabah PNM Kampar naik 50 persen, ini pesan Menteri BUMN

"Mudah-mudahan pengangguran semakin menurun dimana ibu-ibu semakin banyak kegiatan tidak ngerumpi, dan melakukan kegiatan positif," ucapnya.

Sementara itu, Departemen Head Bisnis Mikro Regional BRI Pekanbaru, Arif Rahman Hakim mengatakan kegiatan literasi keuangan untuk kaum perempuan ini diharapkan akan mengoptimalkan dan meningkatkan kapasitas usaha dari perempuan di Pekanbaru.

Harapannya, perempuan di bawah PNM Mekaar bisa naik kelas usahanya sehingga bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan dari BRI.

Hingga saat ini PNM Pekanbaru telah menyalurkan dana pinjaman sebanyak Rp12.969.911.748 kepada sekitar 4.743 nasabah PNM Mekaar yang ada di kawasan Rumbai Pesisir serta Rp11.708.143.821 kepada 4.410 nasabah yang di kawasan Rumbai.

Baca juga: Apreasiasi program Mekaar, Gubernur Riau minta PNM hadir di Meranti