KPU Inhu lantik PPK untuk sukseskan pemungutan suara ulang

id kpu inhu,pemungutan suara ulang inhu,kpu,berita riau antara,berita riau terbaru

KPU Inhu lantik PPK untuk sukseskan  pemungutan suara ulang

KPU Inhu melantikan PPK dan PPS dan pemungutan suara ulang, Senin (5/4/2021). (ANTARA/HO-KPU Inhu)

Rengat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) KabupatenIndragiri Hulu, Provinsi Riau, melantik Panitia Pemilihan Kecamatan atauPPKBatang Gansal dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Ringin.

Ketua KPUIndragiri Hulu,Yenni Mairida, di Rengat, Senin, mengatakan pelantikan PPKtersebut dalam rangka menyukseskan pemungutan suara ulang (PSU) sesuai amanah Mahkamah Konstitusi (MK).

Prosesi pelantikan yang dilaksanakan di Kantor KPU berjalan lancar dihadiri oleh pihak terkait. Ia mengatakan sebanyak delapan orang yang dilantik semua berkomitmen untuk bekerja dengan baik.

"Setelah pelantikan mereka sudah bisa bekerja sesuai aturan dan tahapan PSU," katanya.

Yenni juga menyebutkan, tugas PPK usai dilantik adalah segera melakukan sosialisasi kepada para pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Desa Ringin.

Selain itu, PPK nantinya akan memberikan bimbingan dan teknis kepada petugas KPPS dan PPK harus menjamin logistik sampai ke TPS.

Yenni juga menambahkan, pihaknya akan mencetak sejumlah logistik baru yakni dokumen C plano hasil, salinan C hasil. Bahkan, KPU juga akan menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan oleh petugas nantinya.

"Pada pelantikan PPK, empat orang wajah lama, Zulkarnaen yang diganti dengan Rudianto Simanjuntak," ujarnya.

Sedangkan untuk PPS, tetap orang lama. Untuk memberikan motivasi, KPU mengusulkan untuk kenaikan gaji PPK, namun besarannya belum bisa disebutkan karena masih proses pengajuan, usulan itu berdasarkan besarnya beban kerja dan rasa tanggung jawab.

Baca juga: Bupati Inhu tinjau persiapan PSU

Baca juga: PSU Rohul - Inhu tidak bisa digelar sebelum Ramadhan, ini alasannya

Baca juga: Dilantik Gubri, Pj Bupati Inhu diminta kawal PSU