KPU Inhu tetapkan nomor paslon bupati dan wakil bupati

id Rengat,Indragiri Hulu

KPU Inhu tetapkan nomor paslon bupati dan wakil bupati

Peserta Pilkada Inhu berfoto bersama usai pencabutan nomor urut. (ANTARA/Asri

Rengat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu menetapkan nomor pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk mengikuti Pilkada serentak 2024, Senin.

Ketua KPU Inhu Ronaldi Ardian mengatakan berdasarkan aturan bahwa penetapan nomor urut apabila sudah memenuhi persyaratan. Setelah itu, dilaksanakan secara terbuka.

"Proses penetapan, setelah pasangan calon bupati dan wakil bupati memenuhi persyaratan yang ada," katanya.

Proses penetapan diawali dengan pencabutan undian. Hasilnya, menetapkan pasangan Raja Haryono - Elda Suhanura dengan nomor urut 1, pasangan Ade Agus Hartanto - Hendrizal nomor urut 2 dan pasangan Rezita Meylani Yopi - Suhardi dengan nomor urut 3.

Setelah penetapan nomor urut itu, KPU Inhu melanjutkan acara deklarasi bersama ketiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Inhu pada Pilkada 2024.

"Pasangan masing - masing membacakan isi deklarasi dan penandatangan komitmen bersama," ujarnya.

Tujuannya, agar semua pasangan yang maju Pilkada Inhu 2204 tetap mengikuti aturan kampanye damai.

Adapun isi naskah deklarasi pemilihan tahun 2024 calon bupati dan wakil bupati adalah berkomitmen mewujudkan pemilihan langsung umum, bebas rahasia jujur dan adil.

Dan, melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai berintegritas tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA dan tanpa politik uang.

Serta, melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Untuk diketahui, sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu mengumumkan Pasangan Calon (Paslon) yang akan bertarung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak sebagai Bupati dan Wakil Bupati Inhu, Minggu (22/9) pagi.

Pasangan, Ade Agus Hartanto - Hendrizal dan Rezita Meylani Yopi - Suhardi serta Raja Haryono - Elda Suhanura semuanya memenuhi syarat.

KPU menetapkan sebagai pasangan calon peserta yang akan bertarung di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Inhu AKBP Fahrian Saleh Siregar yang juga hadir menyatakan bahwa Polri melalui Polres Inhu bersama-sama dengan TNI siap mengamankan semua proses pesta demokrasi Pilkada serentak dan akan berkolaborasi dengan semua stakeholder terkait.