Satgas BPBD Riau telah padamkan api pada 19 titik

id Danrem 031 Wira Bima,Karhutla, karhutla riau

Satgas BPBD Riau telah padamkan api pada 19 titik

Petugas berupaya memadamkan kebakaran lahan di Riau. (ANTARA/HO-)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 19 titik api yang terpantau di Riau sudah tertangani dengan baik oleh Satgas BPBD Riau dan Manggala Agni melalui patroli udara dengan helikopter yang diperbantukan untuk daerah ini.

"Titik api itu sudah ditangani Satgas untuk pemadaman dan pendinginan pasca kebakaran, sampai saat ini kebakaran hutan dan lahan masih dapat ditangani dengan baik," kata Danrem/031 Wira Bima,Brigjen TNI M Syech Ismed kepada pers di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan meski hingga kini kejadian Karhutla masih dapat ditangani, namun demikian Riau masih membutuhkan beberapa upaya untuk mengantisipasi karhutla dan menangani titik api yang terdeteksi, seperti modifikasi cuaca atau hujan buatan dan bom air.

Upaya ini, katanya, diperlukan mengingat kondisi cuaca di Riau yang sudah masuk musim kemarau dan juga kesulitan bagi Satgas dalam menangani apai di beberapa daerah yang sulit di jangkau.

"Mencermati kondisi Karhutla tersebut, masyarakat dan perusahaan perkebunan di Riau diminta agar bisa menjaga kebakaran dan tidak lagi melakukan pengelolaan lahan dengan cara membakar. Karena dampaknya sangat luar biasa dan tidak hanya pada masyarakat tapi juga kepada daerah maupun kenyamanan negara," katanya.

Untuk itu, katanya lagi, mari bersama-sama dan bersinergi dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla ini sehingga Riau bisa bebas dan terhindar dari kabut asap seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Patroli yang dilakukan sejak Senin (3/3) sore tersebut tercatat dibeberapa daerah yang ditemukan titik api serta beberapa daerah lainya yang rawan terjadi Karhutla, di antaranya wilayah Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Rohil, Rupat, Siak Kecil dan beberapa daerah lainya.

Selain Patroli, Danrem juga melakukan peninjauan proses pendinginan lahan terbakar di 19 titik yang di laksanakan tim Satgas Karhutla dilapangan yakni Wilayah Pematang Pudu Rohil, Lubuk Gaung Bengkalis, Dumai, Tanjung Kapal Rupat, Pergam Rupat, Giam Siak Kecil Bengkalis.

"Dari patroli udara yang dilaksanakan tersebut, ditemukan beberapa titik api di beberepa wilayah, yaitu di wilayah Rupat, Pematang Pudu Bengkalis dan Lubuk Gaung Dumai yang saat ini sudah dalam penanganan tim Satgas Karhutla di lapangan," katanya.

Baca juga: BBKSDA Riau selidiki perambah dan pembakar Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

Baca juga: Waduh, Helikopter bantuan KLHK untuk padamkan karhutla Riau rusak

Baca juga: Ular sepanjang 2 meter mati terpanggang akibat karhutla di Siak