Donor Darah HUT ke-76 TNI di Pekanbaru kumpulkan 62.400 cc

id Danrem 031 Wira Bima

Donor Darah HUT ke-76 TNI di Pekanbaru kumpulkan 62.400 cc

Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed, didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 031 PD. I BB. Ny. Fitri M. Syech Ismed, saat menyaksikan donor darah dalam rangkaian memperingati HUT ke-76 Tentara Nasional Indoensia (TNI) di Pekanbaru, Kamis. (Foto:Antara/HO-Penrem 031 WB).

"Setetes darah yang kita sumbangkan, nyawa pasien bisa tertolong."
Pekanbaru (ANTARA) - Korem 031 Wira Bimamenggelar kegiatan donor darah dalam rangkaian memperingati HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia, dan aksi sosial itu berhasil mengumpulkan 62.400 CC atau sebanyak 312 kantong darah.

Dalam kegiatan donor darah bertema "Bersatu, berjuang kita menang", itu terkumpul sebanyak 312 kantong bagian dari target ditetapkan sebanyak 500 kantong, yang diserahkan langsung pada PMI Pekanbaru untuk disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan.

"Setetes darah yang kita sumbangkan, maka nyawa pasien yang membutuhkan bisa tertolong. Selain itu bagi yang mendonorkan bermanfaat untuk kesehatan," kata Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed, di Pekanbaru, Kamis.

Danrem 031 Wira Bima mengatakan, aksi peduli kemanusiaan yang sudah menjadi agenda rutin Korem 031 Wira Bima ini, dapat menjadi 'magnet' yang luar biasa untuk melahirkan suatu pemikiran yang mulia dalam diri dan mampu meningkatkan persaudaraan antar sesama untuk saling tolong menolong.

"Tentu aksi ini menjadikebahagiaan saat kita mampu memberikan manfaat untuk orang lain. Cara termudah untuk menjadi orang yang bermanfaat tentu saja adalah banyak berbuat kebaikan, khususnya donor darah ini yang setiap tetesnya menjadi amal ibadah bagi kita," katanya.

Jenderal bintang satu ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini termasuk partisipasi prajurit TNI, Polri, Ormas, KBT dan masyarakat yang telah bersedia mendonorkan darahnya.

Aksi ini digelar, katanya, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sesuai kondisi Riau saat ini masih dilanda pandemi COVID-19.

Kegiatan rutin Korem 031 WB itu, juga ditinjau Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, dan dihadiri Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Perwakilan DPRD Riau dan lainnya.

Menurut Ketua PMI Kota Pekanbaru Drs. H. M. Noer dari 312 kantong darah (62.400 CC) yang terkumpul itu tercatat golongan darah A sebanyak 76 kantong, B sebanyak 87 kantong dan golongan AB sebanyak 27 kantong. Dari 312 kantong darah itu berasal dari pendonor pemula laki-laki 70 orang, pendonor pemula perempuan 11 orang, pendonor lama laki-laki 211 orang dan pendonor lama perempuan 20 orang.

"Target pendonor sebanyak 500 itu belum tercapai lebih karena adanya pendonor yang mengalami kendala saat pemeriksaan seperti gagal aftap, kondisi darah kental, pembuluh darah kecil selain itu pendonor ditolak sebanyak 11 orang (perempuan), 39 laki-laki juga ditolak, terkendala HB rendah atau tinggi," katanya.