Ponpes Modern Nurul Hidayah ditutup sementara akibat sembilan santri positif COVID-19

id Pemkab Bengkalis,ponpes nurul hidayah bengkalis,covid bengkalis,berita riau antara,berita riau terbaru,santi covid

Ponpes Modern Nurul Hidayah ditutup sementara akibat sembilan santri positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pondok Pesantren (Ponpes) modern Nurul Hidayah di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, ditutup sementara akibat sembilan santri dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, setelah dilakukan uji usap oleh tim Satgas COVID-19.

"Langkah yang diambil sementara aktifitas dari luar di pesantren tersebut ditutup sementara waktu selama 14 hari, karena sembilan santri ditemukan positif COVID-19," ujar Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra ketika dihubungi ANTARA, Selasa (19/1).

Dijelaskannya, untuk aktifitas di pesantren tersebut masih tetap berjalan dan 60 santri yang dilakukan antigen tidak ditemukan reaktif.Saat ini proses tracing masih berjalan untuk memastikan penyebaran di pesantren ini.

"Untuk sembilan santri yang positif, satu orang melakukan isolasi mandiri dan delapan orang lagi dikarantina di Diklat Bengkalis," kata Ersan.

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Ahmad Pamuji membenarkan adanya santri mereka yang dinyatakan positif COVID-19 hasil tersebut. Bahkan mereka sudah melakukan isolasi terhadap santri yang dinyataka positif ini di ruangan yang sudah disiapkan pihaknya.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kecamatan untuk penanganan ini. Serta secara mandiri juga kita memberikan vitamin kepada santri yang menjalani isolasi saat ini," terangnya.

Pihak pesantren menyediakan ruangan khusus untuk isolasi santri yang dinyatakan positif ini. Ruangan isolasi yang digunakan merupakan salah satu ruang pembelajaran

"Kita sudah minta agar mereka yang positif ini lebih baik mengikuti karantina terpadu, agar penanganannya lebih terkontrol, mereka rencananya besok akan di bawa ke karantina terpadu," terangnya.

Meskipun adanya temuan kasus positif di pesantren ini. proses belajar mengajar di pondok pesantren modern Nurul Hidayah masih tetap berjalan seperti biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Vaksin tahap II Riau didistribusikan ke Kuansing, Siak, dan Bengkalis

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan Februari ini di Bengkalis

Baca juga: Polres Bengkalis kawal distribusi vaksin COVID-19