Gubernur Riau minta UMKM bisa berjualan di Tol Pekanbaru-Dumai

id Tol pekanbaru dumai,Jalan tol,Tol trans sumatera,Gubernur riau

Gubernur Riau minta UMKM bisa berjualan di Tol Pekanbaru-Dumai

Ilustrasi - Kendaraan melintas di gerbang Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Kota Pekanbaru, Riau. ANTARA FOTO/FB Anggoro/19. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dumai (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar berharap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi yang dipimpinnya mendapat kemudahan untuk berjualan di Tol Pekanbaru-Dumai, yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, pada Jumat siang.

Syamsuar mengatakan pengelolaan tempat peristirahatan (rest area) di infrastruktur tersebut seharusnya bisa turut dinikmati oleh UMKM setempat, agar ekonomi bisa terdongkrak pada semua lapisan masyarakat.

"Pada kesempatan ini pula, kami ingin menyampaikan harapan kepada pihak pengelola jalan tol Dumai - Pekanbaru, agar pengelolaan rest area dapat diprioritaskan kepada pelaku UMKM Riau. Hal ini dapat memperluas peluang lapangan kerja sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat," kata Syamsuar pada saat peresmian.

Ia mengaku bersyukur dengan peresmian jalan tol sepanjang 131 kilometer itu, menjadi tonggak sejarah adanya pembangunan jalan tol pertama di Provinsi Riau. Program strategis nasional yang merupakan bagian jalan tol Trans Sumatera itu dinilai akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Presiden: Investor sudah minati berbisnis di sekitar Tol Pekanbaru-Dumai

"Sudah pasti akan sangat bermanfaat bukan hanya bagi warga Kota Dumai saja, tetapi juga bagi warga kabupaten lain dan semua pelaku usaha akan turut menikmati fasilitas jalan bebas hambatan ini di dalam kegiatan perekonomian daerah," ujarnya.

Di samping itu, jalan tol ini juga turut dimanfaatkan bagi pembangunan kepariwisataan di Pulau Rupat, yang merupakan pulau terluar, serta telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Terdapat pantai pasir yang cukup indah sepanjang 24 Kilometer dan langsung berhadapan dengan selat Malaka. Saat ini sudah ada penyeberangan dari Dumai ke Pulau Rupat yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau dan beroperasi setiap harinya.

Baca juga: Jokowi: Manfaatkanlah Tol Pekanbaru-Dumai sebaik-baiknya

Menurut dia, Kota Dumai merupakan Pelabuhan Utama Provinsi Riau yang menjadi pintu ekspor dan impor, baik komoditi yang berasal dari Provinsi Riau maupun dari provinsi tetangga, menuju Selat Malaka, baik itu ke Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Pelabuhan Dumai juga dikembangkan sebagai pelabuhan penyeberangan antar negara, yaitu dengan akan dioperasionalkannya Ro-Ro Dumai – Malaka, sebagai hasil kesepakatan kerjasama Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

"Dengan beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru - Dumai ini, maka akan mampu memperlancar akses ke pelabuhan Dumai, yang pastinya akan memperlancar arus ekspor dan impor, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah," katanya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar