Lima langkah mudah cegah dehidrasi

id lima langkah, mudah cegah dehidrasi

Jakarta (ANTARA News) - kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh merasa lelah, lesu dan lemas. Selain itu, tak banyak orang merasa bosan jika mereka harus meminum dua liter air sehari seperti yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan.

Bagi Anda yang tidak sering minum air, berikut adalah beberapa cara untuk menanggulangi hal ini seperti dikutip dari laman medicmagic :

Hindari kaffein

Hindarilah minuman yang mengandung kaffein sebisa mungkin. Kaffein cenderung menghilangkan manfaat dari air untuk tubuh hal ini dikarenakan kaffein sebenarnya menghilangkan kelembaban. Jika Anda membutuhkan minuman hangat, lebih baik memilih teh herbal seperti teh hijau atau chamomile.

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik dan mampu melindungi tubuh. Teh Chamomile memiliki efek menenangkan. Jika Anda tak suka meminum teh herbal yang panas, letakkan teh itu di dalam lemari es dan minumlah ketika sudah dingin.

Jus tomat

Tomat memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan rutin meminum jus tomat, tubuh tak hanya mendapat asupan buah. Mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari juga merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan cairan tubuh.

Sup

Sup pada umumnya didasari oleh air. Di musim hujan atau dingin, dapatkan manfaat dari semangkuk sup hangat sebagaijalan memperoleh cairan dengan cara yang nikmat.

Tambahkan sepotong lemon

Jika Anda merasa bosan meminum air mineral, cobalah tambahkan lemon atau perasan jeruk nipis (atau keduanya) kedalam segelas air. Hal ini akan menambahkan rasa dalam air yang Anda minum, tetapi jangan tambahkan gula atau zat lain.

Memakan lebih banyak makanan yang mengandung air

Pilihlah buah buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan cranberry. Semangka mengandung 90 persen air dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C dan Vitamin A. (yud)