Gerindra sebut ada peluang bentuk poros baru pada Pilkada Kuansing

id POLITIK,Pilkada kuansing, pilkada kuansing 2020

Gerindra sebut ada peluang bentuk poros baru pada Pilkada Kuansing

Hardianto. (ANTARA/Diana Syafni)

Pekanbaru (ANTARA) - Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Riau Hardianto menjelaskan ada dua opsi yang dimiliki untuk pencalonan kepala daerah pada Pilkada Kuansing. Salah satunya yakni peluang Gerindra untuk membangun poros baru koalisi bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Untuk Kuansing, opsinya hanya ada dua yakni membangun poros baru atau mendukung salah satu pasangan calon yang sudah siap untuk berlayar," ucap Hardianto di Pekanbaru, Rabu.

Hardianto mengatakan pihaknya belum memutuskan apakah akan membentuk koalisi dengan PKB untuk menciptakan poros baru ataumendukung pasangan calon yang sudah memiliki perahu. Hingga saat ini lobi-lobi politik terus bergulir diantara partai tersebut.

"Kalau berpeluang untuk poros baru, kader kita siap berada diposisi nomor dua (cawabup). Kita juga sedang komunikasi untuk membangun koalisi. Yang masih standby saat ini yakni PKB. Namun endingnya tetap salah-satu dari dua opsi ini yang akan kita tempuh," ucap Hardianto yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Riau.

Meski begitu, Hardianto menegaskan pihaknya menghargai setiap keputusan yang diambil PKB.

"Pada intinya kami (PKB dan Gerindra) saling menghargai apapun keputusan masing-masing partai secara institusi. Jika tidak ditakdirkan bersama maka itulah jalannya. Sebaliknya, kalau kami ditakdirkan untuk bersama kami akan bersatu," paparnya.

Untuk saat ini, ada tiga pasangan cakada yang sudah resmi menyatakan diri maju dan mendapat dukungan sejumlah partai. Ketiganya yakni Andi Putra -Suhardiman Amby, Halim- Komprehensi dan Mursini - Indra Putra.

Sementara itu, partai yang belum menetapkan pilihan untuk mengusung pasangan calon yakni demokrat empat kursi, Gerindra tiga kursi dan PKB tiga kursi. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk memunculkan pasangan calon baru karena syarat pencalonan hanya butuh tujuh kursi.

Baca juga: DPP PAN Serahkan SK Dukungan Kepada Halim - Komperensi

Baca juga: Elektabilitas tinggi, PKS restui Andi-Suhardiman untuk Pilkada Kuansing


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar