Seorang teknisi RSUD Mandau positif COVID-19, Direkturnya turut diisolasi

id pemkab bengkalis,bengkalis, rsud mandau, direktur rsud mandau

Seorang teknisi RSUD Mandau positif COVID-19, Direkturnya turut diisolasi

Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Karyawan RSUD Mandau Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis yang dikabarkan sebelumnya positif COVID-19 merupakan tenaga teknisi di rumah sakit tersebut berinisial ABS (33) dan saat ini telah menjalani isolasi.

"ABS (33) merupakan pasien positif COVID-19 ke-216 di Riau dan merupakan warga Mandau. Ia seorang teknisi di RSUD Mandau. Saat ini sudah di isolasi di RSUD setempat," ujar Kadis Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra, Rabu (23/6).

Dijelaskan Ersan, ABS diketahui positif COVID-19 dari hasil swab yang sudah dilakukan di RSUD Mandau. Sebelumnya orang tua ABS pernah melakukan rapid test untuk keperluan perjalanan ke Surabaya. Ketika itu hasilnya non reaktif. Namun saat dilakukan rapid test di Surabaya karena mau ke Kalimantan ternyata hasilnya reaktif hingga AB akhirnya secara mandiri melakukan pemeriksaan swab.

"Hasil swabnya positif dan langsung diisolasi," jelas Ersan.

ABS termasuk karyawan yang aktif di RSUD Mandau. Terakhir dia ikut kegiatan olahraga Futsal dengan sejumlah karyawan RSUD Mandau.

"Ada 40 karyawan dan medis RSUD yang sudah diambil swabnya. 40 karyawan ini dikarantina mandiri di RSUD sembari menunggu hasil swab. Ini untuk antisipasi penyebaran," jelas Ersan lagi.

Ersanjuga membenarkan Direktur RSUDMandaujuga dikarantina mandiri lantaran kontak erat dengan ABS. Namun direktur di karantina mandiri di rumah dinasnya di komplek RSUD lantaran rumdis itu hanya dihuni sendiri tidak bersama keluarga.

"Direktur dikarantina di rumah dinasnya. Sementara 40 karyawan dan medis dikarantina di bangunan baru RSUD yang belum difungsikan. Rencananya bangunan itu untuk tambahan ruang isolasi," jelas Ersan lagi.

Disampaikan Ersan, dalam satu hari ini ada tiga kasus positif Covid19 di Bengkalis. Dua di Bengkalis dan seorang di Mandau. Untuk itu, pihaknya menghimbau agar warga tetap waspada dan tidak memandang sepele kasus ini.

"New normal bukan berarti kembali ke kehidupan normal, tapi bertindak produktif dengan tetap memastikan aman dan waspada. Berlakukan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan," pesan Ersan.

Baca juga: Gunakan APD, Camat Mandau melayat ke rumah duka PDP COVID-19

Baca juga: Camat Mandau perbaiki kerusakan jalan Babusalam bersama warga