Jokowi anjurkan silaturahim virtual saat Lebaran

id Presiden Jokowi,COVID-19,gelar kriya,open house,corona,silaturahmi Lebaran,Idul fitri 1441 Hijriah

Jokowi anjurkan silaturahim virtual saat Lebaran

Presiden Jokowi saat memberikan penjelasan yang menegaskan belum berencana melonggarkan PSBB. (FOTO ANTARA/dok)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tidak akan mengadakan gelar griya (open house) pada Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, Ahad(24/5) 2020untuk mencegah risiko penularan virus coronajenis baru penyebab COVID-19.

Namun, Presiden mendorong agar masyarakat tetap melaksanakan tradisi silaturahim saat Lebaran, dengan salah satu cara yakni silaturahim secara virtual menggunakan berbagai media dan memanfaatkan jaringan teknologi.

"Tradisi silaturahmi bersama keluarga dan kerabat agar terus dijaga. Meski tidak bertemu secara langsung, silaturahmi bisa dilakukan secara virtual," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangandi Jakarta, Jumat.

Presiden juga meminta kepada seluruh menteri dan anggota Kabinet Indonesia Maju untuk tidak mengadakan acara gelar griya.

"Tentunya apa yang dilakukan oleh Presiden diharapkan bisa diikuti oleh seluruh jajaran kabinet, karena Wakil Presiden juga tidak akan mengadakan acara 'open house'," katanya.

Sebelum 2020, Presiden Jokowi rutin mengadakan gelar griya bagi semua kalangan saat Idul Fitri. Pada Lebaran 2019, Presiden Jokowi melakukan gelar griya di Istana Negara, Jakarta. Di 2018, Presiden juga menggelar kegiatan silaturahim tersebut di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020, sesuai dengan hasil sidang isbat yang telah ditetapkan Menteri Agama Fachrul Razi.

Baca juga: Presiden tinjau penyaluran bantuan sembako di Johar Baru, begini pesan Jokowi

Baca juga: Motor listrik bertandatangan Jokowi laku Rp2,5 miliar. Ini pembelinya