Pelaku UKM Dumai mitra Pertamina dibantu Rp420 juta

id pertamina dumai,pertamina

Pelaku UKM Dumai mitra Pertamina dibantu Rp420 juta

Pertamina Klaster Sumbangteng serahkan bantuan medis kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Dumai. (ANTARA/HO-Pertamina)

Dumai (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) salurkan pinjaman modal atau pembiayaan program kemitraan senilai Rp420 juta bagi pelaku usaha kecil dan mikro di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Program pinjaman modal ini untuk mendukung pelaku usaha kecil menengah di tengah kondisi perekonomian kian sulit akibat pandemi COVID-19 dan berdampak terhadap usaha.

Kepala Humas dan CSR Pertamina RU II Brasto Galih Nugrohodi Dumai, Senin, mengatakan program kemitraan adalah pinjaman modal atau pembiayaan diberikan pada pengusaha kecil dan mikro untuk mengembangkan usaha dengan biaya jasa administrasi keuangan setara tiga persen per tahun.

"Terdapat delapan usaha kecil dan mikro yang baru bergabung ke dalam program kemitraan yang kami jalankan, berasal dari sektor perindustrian, perdagangan, dan jasa dengan nilai pinjaman atau pembiayaan bervariasi mulai dari 15 juta hingga 150 juta rupiah," kata Brasto, Senin.

Dijelaskan, nilai maksimal yang bisa diambil pinjamannya adalah sebesar Rp200 juta dengan masa angsuran setiap bulan selama maksimal tiga tahun.

Penentuan besaran pinjaman disesuaikan berdasarkan pengajuan pinjaman yang diterima dan evaluasi berdasarkan nilai agunan serta omzet atau pendapatan kotor penjualan dari calon peminjam.

Adapun syarat menjadi mitra binaan Pertamina. yaitu usaha minimal telah berjalan selama 6 bulan, omzet tahunan tidak melebihi Rp2,5 miliar dan nilai kekayaan bersih tidak melebih Rp500 juta di luar tanah dan bangunan tempat usaha.

"Kami terbuka bagi jenis usaha apa saja selama memenuhi kriteria dan persyaratan program ini," sebutnya.

Bagi pelaku usaha kecil dan mikro di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Rokan Hilir yang tertarik bisa mendatangi Kantor Pertamina RU II Dumai atau Rumah Kreatif BUMN Dumai di Jalan Puteri Tujuh, Dumai.

Selain bantuan dalam bentuk pinjaman, program ini juga memberikan pembinaan kepada mitra binaan terpilih dari margin atau jasa administrasi keuangan pinjaman atau pembiayaan.

"Bentuk pembinaan bermacam-macam, bisa berupa pelatihan, pameran, iklan, hingga pengutamaan produk mitra binaan untuk kebutuhan perusahaan," ujarnya.

Satu mitra binaan Pertamina, Rahmawati, pemilik usaha masakan rumahan mengucapkan terimakasih kepada Pertamina karena telah memperhatikan kondisi usaha di tengah masa sulit seperti ini untuk dapat terus bertahan.

Sejak bergabung jadi mitra binaan Pertamina, usahanya semakin meningkat, karena di masa normal sebelum corona, semula penjualan harian sebesar Rp2 juta, kini bisa mencapai Rp5 juta per hari.

"Dana diberikan Pertamina saya manfaatkan untuk menambah peralatan dapur, meja kursi tempat makan, dan di masa corona ini kami tetap dibantu Pertamina," kata Wati.

Baca juga: Mubaligh dumai terdampak COVID-19 disantuni beras

Baca juga: Pertamina Peduli COVID-19 salurkan bantuan Rp1,3 M di Riau dan Jambi