Diskes Riau gandeng mahasiswa bagikan 1.000 lusin masker ke pasar

id Kadiskes Riau,donasi,masker gratis,covid riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Diskes Riau gandeng mahasiswa bagikan 1.000 lusin masker ke pasar

Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir serahkan masker ke komunitas gowesser, vespa community, IMM, organisasi mahasiswa termasuk bem perguruan tinggi dan institusi pendidikan kesehatan dan volunteer persatuan pemuda mahasiswa se Pekanbaru, Senin (4/5). (ANTARA/Humas Dinkes Riau)

 Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggandeng mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi setempat, guna membagikan masker dan sosialisasi protokoler pandemi COVID-19 pedagang di pasar tradisional.

"Banyak pedagang di pasar tradisional tidak memakai masker, maka kita bagikan 1.000 lusin masker di 19 pasar tradisional yang ada di Pekanbaru," kata Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir usai melepas relawan yang membagikan masker di Pekanbaru, Senin.

Mimi Yuliani Nazir menyebutkan, pembagian masker tersebut bagi para pedagang di pasar, dalam rangka untuk mencegah penyebaran virus COVID- 19 bagi masyarakat yang berbelanja.

Untuk memudahkan penyampaian pesan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru berkolaborasi dengan komunitas gowesser, vespa community, IMM, organisasi mahasiswa termasuk bem perguruan tinggi dan institusi pendidikan kesehatan dan volunteer persatuan pemuda mahasiswa se Pekanbaru.

Mimi Yuliani Nazir menjelaskan, saat pembagian masker didahului dengan melakukan edukasi pencegahan penularan COVID-19 dan kampanye penggunaan masker kain.

"Kemudian masyarakat dan pedagang dieduksi untuk tetap menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur agar imunitas kuat sehingga virus tidak mudah masuk ke tubuh manusia," katanya.

Dikatakannya, program tersebut akan terus dilakukan dalam mencegah mata rantai virus COVID-19 dengan tujuan penyebaran virus dapat dihentikan.

Pembagian makser dilakukan perwakilan mahasiswa se- Provinsi Riau dan komunitas dengan menyasar 19 pasar tradisonal di 10 kecamatan se- Pekanbaru.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Rozita menjelaskan acara ini dimaksudkan mengedukasi masyarakat bagaimana mengantisipasi penyebaran COVID-19. Misalnya bagaimana penggunaan masker yang baik dan benar. Juga perlunya personal hygene serta bagaimana perlunya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kondisi saat ini.

"Acara sejenis ini penting terus di lakukan di masa-masa mendatang untuk membudayakan hidup sehat," tukasnya.

Baca juga: Melintas depan Makodim 0314 Inhil wajib kenakan masker

Baca juga: Pengendara tidak kenakan masker dilarang melintas jalan M Boya Tembilahan

Baca juga: Provinsi Hainan-Tiongkok donasikan sebanyak 50.000 masker medis untuk Bali