Berusaha peras Kadiskes Riau, pria yang mengaku editor MNC TV ditangkap polisi

id Wartawan gadungan di Pekanbaru,Mnv tv, wartawan gadungan

Berusaha peras Kadiskes Riau, pria yang mengaku editor MNC TV ditangkap polisi

Alvaro saat diinterogasi aparat kepolisian Polresta Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Seorang pria bernama Alvaro mau tak mau harus ditahan di Polresta Pekanbaru setelah mengaku sebagai editor MNCTVdan berusaha memeras Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, Masrul Kasmy, Kamis (24/3).

Setelah pihak Dinkes Riau mengkonfirmasi terkait identitas Alvaro kepada biro Riau stasiun televisi tersebut, Alvaro segera dibawa dan dilaporkan ke Polresta Pekanbaru sebab tidak terima dibohongi.

Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan, Jumat (25/3) membenarkan laporan terkait hal tersebut telah dilakukan dan kini pelaku ditahan di sel Polresta Pekanbaru.

"Pelaku ini datang menemui Plt Kadiskes Riau berbekal kartu pengenal pers yang memperlihatkan jabatannya di stasiun TV tersebut. Kemudian dia menawarkan kerja sama, namun ujung-ujungnya malah meminta uang Rp600 ribu untuk membeli handphone," terang Andrie.

Selain itu, ternyata sebelumnya pelaku juga berusaha datang ke instansi pemerintahan lain di Pekanbaru, namun tak berhasil menemui pejabat yang berwenang.

"Dari hasil interogasi, pelaku mengaku sebelumnya ke instansi lain namun tak berhasil. Tak hanya di Riau tapi juga di Sumatera Utara. Masih kami dalami," ucapnya.

Andire menilai pelaku kooperatif mengikuti alur pelaporan dan pemeriksaan oleh petugas sehingga dapat langsung ditindaklanjuti pihak Polresta Pekanbaru.

Dari pelaku diamankan sebuah tanda pengenal pers yang tertera namanya dengan jabatan editor produksi dan sebuah tas ransel yang dibawanya.

Atas perbuatannya Alvaro disangkakan atas pasal 263 ayat (1) dan (2) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara,

"Kami juga mendalami terkait pasal 378 atas penipuan, apakah ada korban lainnya masih kami dalami," pungkas Andrie.