Plh Bupati Bengkalis minta masyarakat tak bepergian ke Pekanbaru, ini sebabnya

id pemkab bengkalis,plh bengkalis,zona merah pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru,corona di bengkalis

Plh Bupati Bengkalis minta masyarakat tak bepergian ke Pekanbaru, ini sebabnya

Plh Bupati Bengkalis Bustami HY. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Bupati BengkalisBustami HY mengimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak bepergian ke Kota Pekanbaru, karena Ibu kota Povinsi Riau saat ini sudah ditetapkan sebagai daerah zona merah COVID-19.

“Karena sudah ditetapkan sebagai zona merah, kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis kami imbau, kalau bukan untuk urusan yang betul-betul penting sekali, upayakan jangan ke Pekanbaru,” imbau Butami HY, Selasa.

Dikatakannya, siapapun yang bepergian dari Pekanbaru ke luar atau wilayah lain, atau pulang dari Pekanbaru, akan ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, setiap ODP harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

"Orang yang baru pulang dari Pekanbaru akan langsung disebut sebagai orang dari daerah terjangkit dan langsung berstatus ODP. Jadi kalau bukan untuk kepentingan yang sangat-sangat urgen sekali, upayakan jangan bepergian ke Pekanbaru," ulangnya.

Kemudian, bagi masyarakat yang pulang dari Pekanbaru segera melaporkan diri kepada petugas medis terdekat, sehingga mudah untuk dilakukan pemantauan dan kepada seluruh Kepala Desa/Lurah, Ketua RW dan Ketua RT di Kabupaten Bengkalis, diminta agar terus melakukan pemantauan.

Selain itu, segera melaporkan ke petugas medis terdekat, jika ada warganya yang pulang dari Pekanbaru. Begitu juga masyarakat yang mengetahui, segera laporkan.

“Jangan ditutup-tutupi. Sebab tidak tertutup kemungkinan mereka yang baru pulang tersebut melakukan kontak langsung dengan orang yang positif Covid-19 selama di Pekanbaru,” harap Bustami HY.

Baca juga: Karhutla di Rupat, 20 hektare lahan gambut habis terbakar

Baca juga: Bengkalis bentuk tim lawan COVID-19 di 130 desa dengan ribuan relawan

Baca juga: Disdik Bengkalis: Libur sekolah hingga 21 April 2020