Puskemas Lubuk Muda terima bantuan APD dari Pertamina Sungai Pakning

id Pemkab Bengkalis,pertamina

Puskemas Lubuk Muda terima bantuan APD dari Pertamina Sungai Pakning

Manajemen Pertamina RU II Sungai Pakning menyerahkan bantuan peralatan Aalata Plindung Diri (APD) COVID-19 ke tim medis di Puslesmas Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sebagai bentuk kepedulian dalam mencegah penyebaran COVID-19, Pertamina RU II Sungai Pakning kembali menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke tenaga medis yang ada di Puskesmas Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Jumat (3/4).

Bantuan berupa baju APD, makser medis,hand sanitizer serta wastafel pencuci tangan diserahkan langsung oleh manajemen Pertamina RU II Sungai Pakning, Rahmad Hidayat yang disaksikan langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas dan Camat Siak Kecil.

"Bantuan yang kita berikan kepada tenaga medis yang ada di Puskesmas Lubuk Muda untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini makin meluas," ujar Rahmad Hidayat.

Ia juga menegaskan bahwa Pertamina Sungai Pakning akan turut membantu pemerintah setempat untuk berjuang bersama menghadapi pandemi ini melalui berbagai bantuan di bidang kesehatan.

"TIm medis merupakan garda terdepan saat ini dalam menangani pasien COVID-19 dan perlu perlengkapan yang memadai agar terhindar dari penularan COVID-19," kata Rahmad.

Ditambahkannya juga, bantuan serupa juga telah disalurkan kepada tim medis yang ada di Puskesmas Kecamatan Bukit Batu.

Camat Siak Kecil M Fadlul Wajdimenegaskan bahwa pelayanan kesehatan di puskesmas yang berada di Siak Kecil terus ditingkatkan kesiagaannya untuk menghadapi wabah virus corona.

Baca juga: Pertamina Dumai kerahkan armada Damkar semprotkan disinfektan di jalanan

Ia juga turut berterima kasih atas pemberian bantuan yang diberikan Pertamina Sungai Pakning untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Lubuk Muda.

"Terlebih untuk para tenaga medis yang bertugas di puskesmas tersebut masih minim APD dan masih terbatasnya sarana pra sarana puskesmas," kata Camat

Selain itu, Ia juga menghimbau agar masyarakat dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar dapat memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19.

Kasubag TU UPT Puskesmas Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, Tursini, S.K.M, mengungkapkan puskesmas masih kekurangan ruang isolasi jika terdapat PDP di wilayah tersebut.

Sampai saat ini, pihak puskesmas belum menerima pasien yang menunjukkan gejala COVID-19. Walaupun begitu, pihak puskesmas tetap berupaya untuk selalu siaga dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 di Kecamatan Siak Kecil.

"Melalui bantuan Pertamina ini pihak puskesmas berharap agar upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Kecamatan Siak Kecil terus dapat dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Pertamina pastikan BBM dan elpiji di Riau aman di tengah terpaan COVID-19