Belum liburkan sekolah, DPRD Riau minta Pemkab Inhu ikuti instruksi Gubernur

id DPRD riau,inhu belum libur sekolah,corona riau,corona inhu

Belum liburkan sekolah, DPRD Riau minta Pemkab Inhu ikuti instruksi Gubernur

Seorang guru berada di dalam ruangan kelas SD Negeri 29 Pekanbaru, di Pekanbaru, Riau, Selasa (17/3/2020) . (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Riau Marwan Yohanis menyayangkan kebijakan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang masih menetapkan seluruh sekolah melaksanakan aktivitas belajar seperti biasa padahal sudah ada instruksi Gubernur Syamsuar agar seluruh sekolah diliburkan sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Ikuti saja instruksi yang dikeluarkan Gubernur. Ini juga untuk keamanan para pelajar. Tentu Pemprov Riau mengeluarkan keputusan karena sudah melakukan analisa terlebih dahulu, jadi kebijakan untuk meliburkan sekolah sangat tepat di tengah kondisi saat ini. Jadi kita imbau kabupaten mengikuti," ujar Marwan yang merupakan wakil rakyat daerah pemilihanInhu-Kuansing itu.

Marwan menyebutkan, dengan catatan para pelajar yang diliburkan harus tetap diawasi oleh orang tuanya agar tetap belajar dan tidak keluar dari rumah.

"Tapi dengan catatan siswa yang diliburkan harus mengurangi aktivitas di luar gedung jangan keluyuran ke mana-mana. Kita imbau juga kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya," ucap politisi Gerindra itu.

Sementara itu, Anggota DPRD Riau dapil Inhu-Kuansing Manahara Napitupulu menyebutkan pihak sekolah harus menjamin keamanan para siswa. Sekolah diminta mensterilkan area gedung sehingga dipastikan bebas dari kontaminasi virus. Tak hanya itu, pola hidup bersih harus diterapkan dengan membiasakan mencuci tangan, menyediakan cairan pembersih tangan dan memakai masker.

"Tergantung kebijakan daerahnya, kalau mereka belum meliburkan sekolahnya, tentu ada pertimbangan. Yang terpenting pihak sekolah harus mengawasi para muridnya. Kita ingin anak-anak ini tetap aman," ucap Manahara.

Sementara itu, salah seorang wali murid di Kabupaten Inhu menyebutkan bahwa hingga saat ini anaknya masih bersekolah. Dia menghawatirkan kondisi anaknya dan meminta pemkab segera meliburkan para murid SD dan SMP.

"Masih sekolah. Saya pun heran kenapa belum diliburkan," ucap Wati, orangtua siswa (30).

Baca juga: Riau tambah RS rujukan jadi 44 untuk penanganan COVID-19, begini daftarnya

Baca juga: Lomba Sumatera Jungle Run ditunda akibat wabah COVID-19, begini cara Refund peserta