Ratusan lampu tenaga surya terangi jalan Mandau-Pinggir

id Pemkab Bengkalis,Lampu bengkalis, bengkalis

Ratusan lampu tenaga surya terangi jalan Mandau-Pinggir

Keberadaan lampu penerangan jalan tenaga surya yang dipasang disepanjang jalan di Kecamatan Mandau dan Pinggir Kabupaten Bengkalis melalui program Penerangan Jalan Umum (PJU) mulai dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Ratusan lampu penerangan jalan tenaga surya yang dipasang di sepanjang jalan di Kecamatan Mandau dan Pinggir Kabupaten Bengkalis melalui program Penerangan Jalan Umum (PJU) yang direalisasikan di masa kepemimpinan Bupati Bengkalis Amril Mukmininkini mulai dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.

Keberadaan lampu jalan Lintas Duri-Pekanbaru, mulai Simpang Suriname hingga Jembatan Kembar Semunai kini sudah menikmati terangnya lampu jalan. Ada sekitar 270 titik PJU yang memakai sistem tenaga surya yang sudah terpasang di jalan-jalan kota hingga pelosok desa di Kecamatan Mandau dan Pinggir yang direalisasikan di akhir tahun 2019 lalu.

"Semenjak lampu jalan ada, warung saya jadi terang. Lama kami berharap baru kali ini lampu jalannya ada. Kita ucapkan terimakasihlah atas perhatian pemerintah ini. Sangat bermanfaat. Selain sebagai penerangan, juga mempercantik kota dan meminimalisir tindak kejahatan,"ujar Eka warga Balai Raja Duri, Senin (2/3).

Diungkapkannya, terangnya jalan lintas Duri-Pekanbaru karena kehadiran lampu jalan tersebut menjadikan kawasan yang sebelumnya gelap gulita karena tak ada penerangan jalan kini sudah terang benderang.

Senada hal sama juga disampaikan Novi warga Jalan Alhanra Duri. Lampu solar cell ini juga terpasang di daerahnya.

"Harusnya seperti ini, nampak kota Duri malam hari. Tempat kami jadi terang. Semoga pihak terkait terus memperhatikan. Jangan sebentar hidup sebentar mati. Ini juga menjadi prestasi pejabat sekarang,"ungkapnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan permukiman (Perkim) Bengkalis Gendrayana Rohaini ketika dikonfirmasi menjelaskan PJU di Kecamatan Mandau dan Pinggir merupakan program prioritas yang mendapat perhatian khusus Bupati Bengkalis Amril Mukminin kala itu.

Bupati berharap PJU di dua kecamatan ini bisa direalisasikan hingga makin banyak daerah-daerah yang bermandikan cahaya.

"Untuk kecamatan Mandau dan Pinggir ada 270 titik yang dipasangi lampu dengan sistem tenaga surya. 140 titik di Kecamatan Mandau dan 136 di Kecamatan Pinggir," ungkapnya.

Disampaikan Gendrayana untuk Kecamatan Mandau, 140 lampu sollar cell itu tersebar di berbagai titik. Diantaranya jalan Desa Harapan, Jalan Al Hamra, Jalan Damai, Jalan Jawa, Jalan Tribrata,Jalan Kayangan,Jalan Purnama dan lainnya. Sementara di Kecamatan Pinggir tersebar di Dusun Sialang Rimbun dan Lintas Duri-Pekanbaru.

"Kita harap lampu jalan ini bermanfaat bagi masyarakat. Makanya kita juga berharap masyarakat turut menjaga dan memeliharanya agar bermanfaat untuk jangka panjang," harap Gendrayana.