Transaksi Pegadaian Dumai Meningkat

id transaksi pegadaian, dumai meningkat

Dumai, 17/5 (ANTARA) - Pascakelulusan siswa Sekolah Menengah Atas, Aliyah dan Kejuruan (SMA/MA/SMK), Senin (16/5), transaksi penyaluran kredit Perusahaan Umum Pegadaian Cabang Kota Dumai, Riau, dikabarkan meningkat cukup signifikan.

Kepala Perum Pegadaian Cabang Dumai, Ronaldi, kepada ANTARA di Dumai, Selasa, menguraikan, dalam sehari transaksi atau penyaluran kredit mencapai Rp100-Rp150 juta.

"Dibulatkan dalam sebulan atau dari tanggal 15 April sampai pertengahan Mei 2011 ini, kira-kira dana yang tersalurkan mencapai Rp4 miliar lebih," kata dia.

Pencapaian itu kata Ronaldi, belum lagi ditambah dengan pemasukan dua "outlet" atau kedai pegadaian yang ada di jalan Kelakap Tujuh dan Jalan Jayamukti.

Dua outlet Pegadaian Dumai tersebut dikabarkan berhasil merekrut nasabah dengan total pengeluaran kredit sekitar Rp1,7 miliar.

"Jumlah transaksi sebesar itu, masing-masing dari outlet Kelakap Tujuh sebesar Rp1 miliar, sementara Jayamukti sebesar Rp700 juta," terang dia.

Hasil transaksi nasabah bulan ini menurut Ronaldi, jauh meningkat dibandingkan 30 hari sebelumnya yakni 15 Maret-15 April 2011, dimana transaksi nasabah tidak lebih dari Rp100 juta perhari atau total sebulannya berkisar antara Rp2,4-Rp3 miliar.

"Peningkatan transaksi 30 hari terakhir ini dipicu oleh berbagai faktor yang menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat, mulai dari kelulusan anak sekolah SMA, libur bersama serta juga disebabkan bulan puasa yang hanya tinggal beberapa bulan lagi," terang dia.

Diperkirakan, kata Ronaldi, 'volume' transaksi nasabah Pegadaian akan terus bergerak tidak stabil namun cendrung mengalami peningkatan.

"Hal tersebut disebabkan berbagai momen atau perayaan hari besar dan berbagai hal lainnya yang menyebabkan tingginya kebutuhan hidup masyarakat," kara Ronaldi.