Sejumlah pihak apresiasi kinerja TNBT Indragiri Hulu

id Sejumlah pihak apresiasi kinerja TNBT Indragiri Hulu,TNBT, inhu

Sejumlah pihak apresiasi kinerja TNBT Indragiri Hulu

Sejumlah pihak apresiasi kinerja TNBT Indragiri Hulu. (ANTARA/HO/)

Rengat (ANTARA) - Sejumlah pemerhati Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) Indragiri Hulu 1mengapresiasi kinerja instansi tersebut dalam pengelolaan fungsi taman nasional, sehingga kondisinya semakin baik.

"Masyarakat Inhu bangga punya TNBT, program yang dilakukan adalah positif, seperti menggandeng instansi lain di Inhu," kata salah satu warga Indragiri Hulu Tamsur (47) di Rengat, Sabtu.

Ia mengatakan, Taman Nasional Bukit Tiga adalah salah satu lokasi objek wisata juga pusat penelitian. Jika terkelola dengan baik maka wisatawan mancanegara akan berdatangan ke Inhu dan jika terealisasi berdampak bagus kepada ekonomi masyarakat. Akan tetapi semua itu harus didukung oleh sejumlah fasilitas misalnya infrastruktur jalan, tempat bermain berstandar dunia.

Masyarakat akan merasa nyaman menikmati indahnya alam di daerah perbukitan tersebut, berswafoto dan menikmati hari libur sebagai salah satu alternatif meremajakan diri, karena cuaca dan kondisi alam yang indah.

"TNBT merupakan aset nasional, bahkan dunia, kelangkaan menjadi tolak ukur wisatawan," sebut Tamsur.

Balai Bukit Nasional Tiga Puluh dalam rangka penguatan fungsi taman nasional perlu mitra luas dalam pelaksanaannya, contohnya Dinas PUPR Inhuyang harus digandeng untuk membantu infrastruktur penunjang daerah tersebut, dalam peningkatan jalan, bangunan yang sesuai aturan.

Sebagaimana yang dibagikan oleh instansi ini dalam akun Facebook Bukit Tiga Puluh National Park, bahwa sejumlah program penguatan dilakukan dengan menggandeng pihak lain, serta dengan menampilkan sejumlah dokumen foto serta video dalam mewujudkan program nasional penyelamatan TNBT.

Ada lagi mitra kerja dengan Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera,itu semua untuk mendukung kehidupan flora dan sejumlah hewan langka yang ada di areal TNBT, sebagaimana tergambar, semasa kepemimpinan Kepala TNBT Inhu Fifin Arfiana Jagasara.

Marwan salah satu Ketua Lembaga Adat Melayu Riau - Indragiri Hulu menyebutkan bahwa setiap ada kegiatan berkaitan dengan masyarakat, lingkungan dan adat sebaiknya juga melibatkan lembaga ini agar semua lebih optimal.

"Bagaimanapun peran aktif Lembaga Adat Melayu diperlukan sehingga wisata alam bisa juga bernuansa kedaerahan," sebutnya.

Baca juga: Balai TNBT Sosialisasikan Batas Kawasan

Baca juga: Ajak Masyarakat Lestarikan Harimau, TNBT Gelar Jalan Dan Senam Sehat