Pesan Pilkada damai untuk Talang Mamak di TNBT

id Rengat,Indragiri Hulu

Pesan Pilkada damai untuk Talang Mamak di TNBT

Polres Inhu saat mengunjungi masyarakat Suku Talang Mamak. (ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Polres Indragiri Hulu menggelar sosialisasi Pilkada Damai di Wilayah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) dalam upaya menciptakan suasana kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Kapolres Inhu AKBP Fahrian Soleh Siregar mengatakan pilkada adalah pesta demokrasi yang harus dirayakan dengan penuh suka cita.

"Namun, pesta demokrasi ini harus tetap berjalan dengan aman dan damai," katanya di Rengat, Senin.

Fahrian menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar kawasan konservasi agar turut serta menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu berlangsung.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Minggu (6/10) itu melibatkan berbagai pihak, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda, hingga perangkat desa.

Materi sosialisasi yang disampaikan meliputi pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghindari hoaks dan ujaran kebencian serta cara-cara penyelesaian sengketa secara damai.

"Pemilihan TNBT sebagai lokasi sosialisasi bukan tanpa alasan, wilayah ini memiliki keragaman budaya dan etnis yang tinggi," ujarnya.

Sehingga, potensi terjadinya konflik sangat mungkin terjadi, bahkan, selain itu, aksesibilitas yang terbatas di beberapa wilayah TNBT juga menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung," sebutnya.