Dishub Dumai Pesan Ro-Ro Ke Kalbar

id dishub dumai, pesan ro-ro, ke kalbar

Dumai, 7/4 (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Dumai, Riau, memesan satu unit kapal penyeberangan atau "roll on-roll off" (ro-ro) ke Pontianak, Kalimantan Barat, yang nantinya akan difungsikan sebagai angkutan barang dan orang antarpulau Dumai-Rupat, Kabupaten Bengkalis.

"Saat ini kapal ro-ro yang kita pesan tersebut sedang dalam perjalanan menuju Dumai. Diperkirakan dalam waktu empat hari ini akan sampai dan siap untuk dioperasikan dengan rute pulang palik Dumai-Rupat," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai, H Marwan, kepada ANTARA di Dumai, Kamis.

Pemesanan ro-ro, menurut Marwan, sebelumnya dilakukan setelah proses lelang pengadaan jasa angkutan penyebrangan laut itu selesai.

"Kita harapkan dengan mulai beroperasinya ro-ro dalam waktu dekat ini, semua kegiatan terutama dalam hal pengembangan ekonomi masyarakat antarpulau keduanya, baik Dumai maupun Rupat dapat berjalan baik dan normal," katanya.

Sebelumnya, satu unit ro-ro yang dikelola oleh Pemerintah Kota Dumai melalui Dishub mengalami kerusakan sehingga tidak lagi dapat beroperasi secara normal.

Selain itu, karena kontrak kerja sama atas ro-ro tersebut yakni antara pihak ketiga dengan pemerintah kurang baik, sehingga pemda memutuskan hubungan kontrak kerja sama tersebut.

"Hal ini kita lakukan untuk kebaikan masyarakat Dumai. Kapal penyeberangan yang kita pesan dari Kalbar ini juga jauh lebih baik dan layak," jelas Marwan.

Selanjutnya, kata dia, atas rencana kedatangan ro-ro tersebut, pihaknya akan secepatnya menggelar pertemuan dengan Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

"Dalam pertemuan itu kita nantinya akan membahas seputar teknis dan kesiapan kita. Pertemuan dengan Dishub Provinsi ini juga karena anggaran yang dialokasi untuk pembelian ro-ro bersumber dari dana provinsi," katanya.

Dengan adanya ro-ro baru ini, kata Marwan, diharapkan akan mampu menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kota Dumai dan Provinsi Riau.

"Yang jelas kita akan upayakan PAD dari perhubungan laut lebih besar dari tahun sebelumnya," katanya.

Kapal ro-ro yang dipesan Dishub Dumai merupakan model terbaru yakni jenis "Landing Craft Tank" (LCT) di mana kapasitas ruang yang lebih besar atau berukuran "gross tone" tipe 198 GT.

Ro-ro ini diharapkan akan mampu menampung lebih dari puluhan kendaraan roda empat dan sepeda motor serta ratusan warga yang hendak melakukan penyebrangan Dumai-Rupat.