Pertamina dumai Kirim 10 Ton Foam Ke Cilacap

id pertamina dumai, kirim 10, ton foam, ke cilacap

Dumai, 6/4 (ANTARA) - PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Kota Dumai, Riau, mengirim 10 ton "foam" atau busa pemadam api untuk menghentikan kebakaran di kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah.

"Bantuan 10 ton foam ini diangkut dan dikirim dengan menggunakan pesawat Herkules milik TNI Angkatan Udara yang diterbangkan pada Selasa sore (5/4) melalui Bandara Pinang Kampai Dumai," kata Humas PT Pertamina RU II Dumai, Hendra, kepada ANTARA di Dumai, Rabu.

Foam tersebut saat ini, kata Hendra, sudah sampai di Cilacap dan akan dilarutkan bersama air di sekitar lokasi kebakaran untuk kemudian disebar dekat lokasi kilang yang terbakar.

"Fungsinya adalah untuk memutuskan atau memisahkan bahan bakar dengan udara. Cara ini dilakukan karena air tidak akan sanggup memadamkan kebakaran dahsyat di kilang Cilacap," kata Hendra.

Saat ini menurut Hendra, tiga kebakaran di beberapa tangki yang berada di kilang Pertamina RU IV sudah mulai padam akibat semburan foam dan hujan deras yang mengguyus Cilacap beberapa hari terakhir.

"Selain foam dari kita, disana juga sudah ada bantuan foam sebanyak 40 ton yang dikirim dari sejumlah Cabang PT Pertamina se Indonesia," jelasnya.

Ditanya kemungkinan adanya jenis bantuan lainnya untuk membantu upaya pemadaman api di kilang Cilacap, Hendra mengatakan hal itu masih melihat kondisi dilokasi kebakaran.

"Jika api masih terus membesar, maka ada kemungkinan akan ada penambahan foam. Namun informasi sementara yang kita terima, api yang membakar sejumlah tangki minyak di kilang Cilacap sudah mulai teratasi," imbuhnya.