Libur Nataru, penumpang di Pelabuhan BSJ Dumai melonjak 300 persen

id nataru dumai,pelabuhan dumai,feri dumai,libur bersama,natal,tahun baru 2020,berita riau antara,berita riau terbaru

Libur Nataru, penumpang di Pelabuhan BSJ Dumai melonjak 300 persen

Penumpang datang di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan, Kota Dumai, Riau, terlihat ramai saat libur bersama Natal dan Tahun Baru atau Nataru pada Selasa (24/12/2019). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Kota Dumai terus dipadati penumpang laut yang datang dari BatamProvinsi Kepri hingga mencapai 1.000 orang hari ini, atau meningkat hampir 300 persen dibanding normal.

Kepala OperasionalDumai Express Jailani menjelaskan, jumlah kedatangan penumpang yang naik dari Batamdan turun di Pelabuhan Dumai pada Selasa (24/12) ini mencapai 1.000 orang dengan tambahan tiga kapal feri.

"Kalau normalnya hanya satu kapal feri, tapi hari ini 4 kapal atau ada tambahan 3 kapal dengan jumlah penumpang seribu orang dan lonjakannya 300 persen," kata Jailani, Selasa.

Menurutnya, puncak arus datang penumpang laut yang turun di Pelabuhan BSJ Dumaidi Kelurahan Purnama Kecamatan DumaiBarat ini telah terjadi pada Senin (23/12) kemarin dengan 1.400 orang pemudik datang dilayani lima armada kapal feri.

Menghadapi lonjakan penumpang laut Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, perusahaan kapal feri ini siagakan 11 armada untuk melayani kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan rute dalam negeri atau domestik.

"Penumpang datang memadati pelabuhan Dumai ini sebagian besar dari Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat untuk pergi liburan dan pulang ke kampung halaman," sebutnya.

Dia memprediksi puncak arus balik Nataru 2020 bakal terjadi pada 29 dan 30 Desember 2019 atau mendekati pergantian tahun baru.

Sementara, Kapten KN 218 Badan SAR Nasional Pekanbaru Leni Tadika memastikan aktivitas angkutan penumpang di dua pelabuhan Dumai, yaitu Pelabuhan Internasional Pelindo dan Pelabuhan Domestik BSJterpantau aman dan terlaksana lancar kondusif.

SAR turut mengawal kelancaran pelaksanaan arus mudik angkutan Nataru 2020 dengan mensiagakan 12 petugas dan sejumlah sarana kapal, guna mengantisipasi kejadian kecelakaan di perairan.

"Sejauh ini masih aman dan tidak ada insiden di laut, petugas SAR siaga di dua pelabuhan untuk membantu kelancaran angkutan penumpang laut," kata Leni.

Baca juga: Sebagian Tol Pekanbaru-Dumai dibuka gratis untuk libur Natal dan Tahun Baru, begini penjelasannya

Baca juga: Aktifitas Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru meningkat pada libur Nataru