Sebanyak 40.518 kendaraan lalui Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 selama libur Nataru

id tol pekanbaru dumai,jalan tol,tol trans sumatera,hutama karya,berita riau antara,berita riau terbaru

Sebanyak 40.518 kendaraan lalui Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 selama libur Nataru

Sebuah kendaraan melintas di gerbang Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (23/12/2019). ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.

Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya selaku pengelola jalan tol Trans Sumatera menyatakan ada sebanyak 40.518 kendaraan yang melintasi jalan tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 di Provinsi Riau, selama pembukaan fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Selama dibuka 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020, antusiasme dari masyarakat untuk menggunakan jalan tol ini cukup tinggi, ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi ruas tol sepanjang 9,5 kilometer ini. Sampai di tutup pada akhir hari, 40.518 kendaraan golongan I atau nonbus telah melintas," kata Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya (HK), J. Aries Dewantoro, pada pernyataan pers di Pekanbaru, Jumat.

Pembukaan fungsional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 resmi berakhir pada hari Kamis (2/1) pada pukul 16.00 WIB. Selama kurun waktu pembukaan fungsional. warga bisa mengakses jalan tol setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Warga dari arah Pekanbaru bisa mengakses melalui gerbang tol di intersection Muara Fajar, sedangkan dari Kabupaten Siak bisa masuk melalui gerbang di dekat Simpang Perawang.

Namun, jalan tol sepanjang 9,5 kilometer tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan golongan I atau nonbus. Selain itu, pengguna jalan harus memiliki kartu E-Toll untuk membuka palang pintu di gerbang tol.

Meski begitu, kartu tersebut belum berfungsi sebagai alat pembayaran.



Sementara itu, masyarakat tampak antusias melintasi jalan tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1, sekedar mencoba jalan tol pertama di Provinsi Riau. Rahmat, salah satu pengendara yang melintas di Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 bersama dengan keluarga, menyatakan rasa bangganya telah memiliki jalan tol di Pekanbaru.

"Bangga kami dengan sudah dibukanya jalan tol ini. Harapannya bisa cepat selesai dari sini (Pekanbaru) ke Dumai," ujarnya.

Arus lalu lintas selama fungsional 11 hari juga dipantau lancar dan aman.

Baca juga: Ini alasan HK wajibkan kartu E-Toll untuk pembukaan fungsional Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: VIDEO - Ini yang harus diperhatikan sebelum menjajal Tol Pekanbaru - Dumai

Baca juga: Sebagian Tol Pekanbaru-Dumai dibuka gratis untuk libur Natal dan Tahun Baru, begini penjelasannya
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar