Pelabuhan BSJ Dumai ramai penumpang libur Nataru, mesin X-ray malah ngadat

id pelabuhan bsj dumai,bea cukai dumai,x ray dumai,libur bersama,nataru,natal ,tahun baru 2020,berita riau antara,berita riau terbaru

Pelabuhan BSJ Dumai ramai penumpang libur Nataru, mesin X-ray malah ngadat

Penumpang membawa barang melewati mesin X-ray yang rusak di Pelabuhan BSJ Dumai, Riau, Selasa (24/12/2019). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Mesin pemindai X-ray di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan (BSJ) Kota Dumai, Provinsi Riau, tidak berfungsi saat Angkutan Penumpang Laut Natal dan Tahun Baru 2020 berlangsung, sehingga semua barang bawaan penumpang datang lolos dari pemeriksaan.

Pemantauan Antara, Selasa, mesin x-ray hanya diletakkan di pintu masuk terminal pelabuhan, namun tidak beroperasi tanpa ada petugas bea cukai bersiaga, alhasil disaat penumpang datang barang bawaan tidak diperiksa dan lewat begitu saja.

Seorang petugas di Pelabuhan BSJ Dumai menyebutkan sudah empat bulan mesin x ray itu tidak berfungsi dan hanya diletakkan di terminal tanpa ada petugas bea cukai menjaga.

"Sekitar empat bulan mesin nya rusak dan hanya terletak begitu saja di terminal penumpang," kata petugas itu, Selasa.

Anggota polisi yang berjaga di terminal Pelabuhan BSJ Dumai juga membenarkan mesin x ray tidak berfungsi, dan untuk mengantisipasi masuk barang terlarang terpaksa dengan cara membaca gerak tubuh penumpang.

"Kita terpaksa hanya melihat gerak tubuh penumpang saat membawa barang masuk terminal, karena mesin x ray tidak jalan," sebut polisi jaga itu.

Humas Bea Cukai Madya Pabean Dumai GatotKuncoro dikonfirmasi wartawan lewat telepon tidak menjawab, dan saat ditanya ke staf humas,Khairul Anwar mengaku tidak mengetahui mesin x ray tidak berfungsi di Pelabuhan BSJ itu.

Menurut dia, memang harusnya saat menghadapi Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 ini petugas Bea Cukai terlibat dalam mengawasi barang masuk yang dibawa penumpang untuk mengantisipasi peredaran barang terlarang atau lainnya.

"Harusnya memang diawasi, dan saya lagi diluar kota, tapi kalau memang kenyataan begitu silahkan saja ditulis," kata Khairul dikonfirmasi Antara.

Diduga dengan tidak berfungsi mesin X ray ini selain akan meloloskan barang bawaan dicurigai narkoba, juga tidak bisa mendeteksi barang berpotensi menjadi pemasukan negara, atau ada tarif bea masuk.

Baca juga: Aktifitas Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru meningkat pada libur Nataru

Baca juga: Libur Nataru, penumpang di Pelabuhan BSJ Dumai melonjak 300 persen