Kapolres Dumai minta kegiatan pengamanan Nataru terapkan Prokes

id Polres Dumai,Nataru Dumai,Prokes Dumai,ubahlaku

Kapolres Dumai minta kegiatan pengamanan Nataru terapkan Prokes

Upacara gelar pasukan di Mapolres Dumai, Riau. (ANTARA/HO-Polres)

Dumai (ANTARA) - Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira minta anggota menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dilaksanakan dalam semua kegiatan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Untuk pengamanan kegiatan peribadatan Natal 2020 di 87 gereja, Polres Dumai menurunkan 80 personel agar kegiatan ibadah berjalan nyaman dan kondusif serta aman dari penularan virus korona.

"Agar semua personel wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di semua kegiatan pengamanan natal dan tahun baru," kata Kapolres Andri kepada pers, Kamis.

Dijelaskan, puluhan personel ini nanti akan melakukan pengamanan dengan sistem pengawalan di gereja dan gelar patroli keliling untuk memastikan keamanan.

Kapolres juga meminta para personel yang bertugas di lapangan untuk tetap menjaga kesehatan, karena ini merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan tugas.

Kepada masyarakat diharap juga partisipasi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, dan pelaku wisata hendaknya melaporkan setiap potensi gangguan keamanan atau menghambat lalu lintas.

"Diharap masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun 2021 demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, sebaiknya momen ini kita melakukan introspeksi diri dan berkumpul dengan keluarga di rumah," sebut Andri.

Untuk pengamanan Natal dan Tahun 2021, Polres Dumai melaksanakan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020, dengan 75 personel polisi dibantu TNI dan unsur pemerintahan, dinas perhubungan, dinas kesehatan dan Satpol PP.

75 anggota polisi akan melaksanakan tugas di 3 pos pengamanan dan satupos pelayanan di sejumlah titik strategis, baik untuk pengamanan destinasi wisata, transportasi umum dan tempat keramaian.

Tiga pos pelayanan dan satu pos pengamanan ini dibuka untuk memberi rasa aman pada masyarakat, yakni di Kecamatan Medang Kampai yang banyak tempat wisata, Pelabuhan Penumpang Bandar Sri Junjungan dan Terminal AKAP.

"Pos pengamanan didirikan di Jalan Sudirman dekat Taman Bukit Gelanggang, dan akan dijaga petugas gabungan dari Polres, TNI, Pemko Dumai dan Tim Gugus Tugas," demikian Kapolres Andri.

Diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Lilin Tahun 2020 untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2021. Upaya ini juga dilakukan guna mencegah kerumunan massa sehingga penularan COVID-19 dapat dihindari.

"Target operasi adalah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan mewujudkan kamtibmas yang mantap dan kondusif dalam pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.