Kapolres Dumai: Misa Natal di 57 gereja aman

id Nataru 2020,Polres Dumai,natal di dumai

Kapolres Dumai: Misa Natal di 57 gereja aman

Kapolres Dumai AKBP Andri Mananta saat meninjau sejumlah gereja di Dumai, Serasa malam (24/12). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Kepolisian Resor Dumai menurunkan 167 personel pengamanan dan pengawalan di 57 rumah ibadah gereja untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani melakukan peribadatan dan Misa Natal 2019.

Kapolres Dumai Ajun Kombes Polisi Andri AnantaYudhistira menyatakan kegiatan kebaktian dan peribadatan Misa Natal umat Kristiani di semua gereja daerah ini terpantau aman dan lancar pada Selasa (24/12) malam.

Guna memastikan kegiatan peribadatan malam Natal berjalan kondusif, Kapolres Andri didampingi pejabat utama Polres Dumai cek situasi ke sejumlah gereja, di antaranya, Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Jalan Datuk Laksamana, Gereja GPIB Eklesia Jalan Air Bersih, Gereja HKBP Resort Dumai Jalan Sultan Sarif Kasim.

Kemudian, Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Jalan Jendral Sudirman, Gereja Bethel Indonesia Jalan M Husni Thamrin, Gereja HKBP Immanuel Jalan Pulau Mampu dan juga memantau aktivitas masyarakat di Pos Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Polres Dumai di Jalan Jenderal Sudirman.

"Sejak tadi malam hingga hari ini di semua gereja di Kota Dumai kegiatan kebaktian dan Misa Natal berjalan dengan aman lancar," kata Kapolres Andri, Rabu.

Dijelaskan, untuk mengawal kegiatan ibadah di gereja, Polres Dumai menempatkan sejumlah personel dibantu TNI dan petugas pengamanan dalam gereja dengan melihat jumlah jemaat yang hadir.

"Untuk pengamanan gereja total 167 polisi dan 20 pleton patroli, jumlah personel berjaga disesuaikan jumlah jemaat yang hadir," sebut Andri.

Patroli dan pengecekan situasi Misa Natal d gereja, lanjutnya, guna menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan peribadatan berjalan baik, serta memastikan tidak ada benda benda yang membahayakan.

Saat pengecekan rumah ibadah gereja itu, Kapolres Dumai AKBP Andri menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat serta menekankan kepada pengurus gereja bahwa Polri menjamin keamanan umat Kristiani dalam menjalankan ibadah pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Personel terlibat dalam pelayanan dan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 agar memberikan pelayanan baik dan maksimal sesuai prosedur serta tingkatkan kewaspadaan," demikian Kapolres.

Info tambahan, Operasi Lilin Muara Takus 2019 Polres Dumai siagakan 75 personel dibantu 40 petugas gabungan ditempatkan di 4 pos pelayanan dan pengamanan dibentuk dalam menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Empat posko dibentuk di sejumlah titik keramaian dan lokasi terminal pelabuhan penumpang laut dan terminal bus untuk memastikan aktivitas masyarakat tertib dan lancar tidak terkendala gangguan keamanan.

Baca juga: Pelabuhan BSJ Dumai ramai penumpang libur Nataru, mesin X-ray malah ngadat

Baca juga: Libur Nataru, penumpang di Pelabuhan BSJ Dumai melonjak 300 persen


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar