Maritim Perkasa 3032, kapal pertama "made in" Lamongan, Jawa Timur

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,kapal buatan Lamongan

Maritim Perkasa 3032, kapal pertama "made in" Lamongan, Jawa Timur

Kapal tongkang Maritim Perkasa 3032 buatan perdana PT Dok Pantai Lamongan diluncurkan, Kamis (19/12). (Antara Jatim/ Hanif Nashrullah)

Surabaya (ANTARA) - Perusahaan galangan swasta PT Dok Pantai Lamongan merampungkan kapal buatan pertamanya, yaitu kapal tongkang yang diberi nama Maritim Perkasa 3032, pesanan dari perusahaan pelayaran PT Marindo Pacific.

Commercial Division Head PT Dok Pantai Lamongan Romeo Hasan Basri, menyatakan momen ini sekaligus merupakan langkah awal untuk menjadikan wilayah kabupaten setempat sebagai kawasan industri kapal.

Baca juga: Taiwan nyatakan siap bangun kapal nelayan modern berteknologi baru di Indonesia

"Inilah kapal pertama buatan Lamongan. Besok siapapun yang ingin membuat kapal, di sinilah tempatnya," katanya saat dikonfirmasi usai prosesi serah terima kapal berjenis 'Coal Barge' tersebut kepada pemesan PT Marindo Pacific di Lamongan, Jawa Timur, Kamis.

PT Dok Pantai Lamongan berdiri pada bulan Juni 2006. Semula merupakan galangan untuk mereparasi kapal.

Romeo mengenang berbagai kapal telah direparasi di galangan PT DOk Pantai Lamongan, mulai dari jenis kapal penumpang, LCT, tongkang, Kapal Tunda, Kapal Tanker, Kontainer, Kapal Angkatan Laut, kapal Pasokan Kargo dan banyak lagi.

"Ini adalah kemajuan bahwa PT Dok Pantai Lamongan yang dulunya hanya mereparasi kapal, sekarang sudah bisa membuat kapal sendiri," ucapnya.

Saat ini PT Dok Pantai Lamongan masih sedang mengerjakan tiga unit pesanan kapal tongkang lainnya, serta satu unit kapal jenis "oil barge".

"Selain itu dalam waktu dekat juga sudah siap penandatanganan kontrak untuk dua unit kapal tongkang beserta kapal tug boat-nya. Lalu ada lagi yang siap kontrak untuk pemesanan kapal jenis 'Self Propeller Oil Barge'," ujar Romeo.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kabupaten Lamongan Mochammad Faiz Junaidi menyebut wilayahnya telah bergerak menjadi daerah industri.

"Oleh pemerintah pusat, Kabupaten Lamongan didorong menadi kawasan industri maritim. Kami berharap keberadaan galangan PT Dok Pantai Lamongan bisa semakin mengembangkan industri maritim seperti yang diinginkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap peluncuran kapal perdana produksi PT Dok Pantai Lamongan pada hari ini bisa memberikan multi efek di masa yang akan datang, selain menumbuhkan ekonomi juga menyerap sumber daya manusia, sehingga menurunkan angka pengangguran di wilayah kabupaten setempat.

Baca juga: Pengamat: Bangkitkan Minat Investasi Galangan Kapal

Baca juga: Industri Galangan Kapal di Rohil Terancam Mati Suri, Ini Penyebabnya


Pewarta : Hanif Nashrullah