KPPN Dumai serahkan DIPA Rp2 Triliun ke 111 Satker

id DIPA dumai,KPPN Dumai,pemkot dumai, berita dumai

KPPN Dumai serahkan DIPA Rp2 Triliun ke 111 Satker

Wali Kota Dumai Zulkifli AS menyerahkan simbolis DIPA ke Kapolres Dumai. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Dumai laksanakan penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran atau DIPA kepada 111 satuan kerja berada di 4 kabupaten kota wilayah pembayaran total Rp2 triliun.

Penyerahan DIPA dilakukan secara simbolis oleh Walikota Dumai Zulkifli AS kepada 10 pengguna anggaran Satker KPPN, di antaranya, Polres Dumai, Polres Bengkalis, Kementerian Agama Dumai, Pengadilan Negeri Dumai, Pengadilan Agama Dumai dan Kantor Imigrasi Dumai.

Kepala KPPN Dumai Ahmar Rudi menyebutkan, Tahun 2020 ini pihaknya mengelola total anggaran Rp2 triliun untuk diserahkan kepada 111 satker terdiri dari kementerian lembaga dan dana perimbangan daerah di 4 kabupaten kota di Riau, yaitu Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir.

"Kementerian lembaga Rp1,090 triliun dan dana perimbangan daerah Rp900 miliar, dengan total anggaran yang kita kelola Rp2 triliun," kata Ahmar, Kamis.

Dijelaskan, penyerahan DIPA Anggaran 2020 ini sesuai dengan amanah perundangan berlaku, dan diharapkan agar seluruh satuan kerja bisa segera memulai dan mempercepat pelaksanaan kegiatan atau program kerja yang telah disusun.

Selain penyerahan DIPA 2020, dilaksanakan juga penandatanganan pakta integritas oleh semua kuasa pengguna anggaran satker di bawah kewenangan KPPN Dumai serta pemberian penghargaan atas pencapaian kinerja.

KPPN memberikan penghargaan atas kategori satker dengan indikator kinerja pelaksanaan anggaran atau IKPA pagu anggaran di atas Rp10 miliar kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai dan Pangkalan TNI AL Dumai.

Selanjutnya, kategori satker dengan IKPA pagu anggaran dibawah Rp10 miliar penghargaan diberikan kepada Pengadilan Negeri Dumai, MTsN 1 Bengkalis dan Pengadilan Negeri Rokan Hilir.

Penghargaan lain, Satker dengan pengelolaan uang persediaan terbaik kepada Bea Cukai Dumai, Satker dengan pengelolaan data kontrak terbaik Polres Dumai, Satker dengan penyelesaian tagihan terbaik Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Dumai dan Satker dengan realisasi penyerapan terbaik Polres Bengkalis.

Sementara, Walikota Dumai Zulkifli AS mengatakan, sebagai ujung tombak kementerian dan lembaga di daerah, kepala satker diharap bisa menjalankan kegiatan dan penggunaan anggaran belanja dengan baik dan optimal agar bisa berkontribusi atas pencapaian sasaran ditetapkan pemerintah.

Untuk itu, dukungan seluruh pemangku kepentingan, termasuk satker selaku kuasa pengguna anggaran dari menteri dan pimpinan lembaga sangat diharapkan.

"Agar segera dimulai pelaksanaan berbagai kegiatan yang direncanakan untuk tahun 2020, dapat dikerjakan dengan cepat supaya dapat memberi manfaat pada masyarakat," kata walikota.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar