Bawaslu Riau koordinasikan pengawalan Pilkada 2020 ke Polda

id Bawaslu,gakumdu, bawaslu riau

Bawaslu Riau koordinasikan pengawalan Pilkada 2020 ke Polda

Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, dalam kunjungannya didampingi Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Gema Wahyu Adinata, Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu Rizki kurniawan ke Mapolda Riau. (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau bangun koordinasi dengan Mapolda setempat guna membahas persiapan Pilkada 2020.

"Pada tingkat kerawanan Pemilu tahun 2019, Provinsi Riau masuk dalam kategori aman. Ini akan selalu kita koordinasikan agar Pilkada 2020 sukses dan aman," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Selasa.

Rusidi Rusdan dalam kunjungannya didampingi Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Gema Wahyu Adinata, Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu Rizki kurniawan, dan beberapa orang staf.

Rusidi bersama rombongan diterima langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Tampak juga hadir Hadi Poerwanto SIK selaku Dir Reskrimum dan Kombes Drs Rahmat Hidayat selaku Karoops Polda Riau.

Rusidi menjelaskan terkait prestasi kinerja pengawas Pemilu yang selalu bersinergi dengan Kepolisian Riau pada Pemilu tahun 2019 lalu.

Selanjutnya, Kordiv Penindakan Pelanggaran, Gema Wahyu Adinata menambahkan, terkait penanganan pelanggaran pidana Pemilu oleh Sentra Gakkumdu.

"Berdasarkan aturan Pilkada, Bawaslu Provinsi diamanatkan untuk membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu)," ujar Rusidi Rusdan.

Namun dikarenakan pada pilkada 2020 tidak ada pemilihan di tingkat provinsi, maka berdasarkan aturan keuangan tidak dibenarkan menerima dana hibah.

"Sehingga anggaran Sentra Gakkumdu kami masih menunggu arahan dari Bawaslu RI,” terang Gema.

Sementara itu, Irjen Pol Agung Setya berpesan kepada Bawaslu Riau agar selalu berkoordinasi dengan kepolisian. Ia berharap agar di setiap sudut wilayah provinsi Riau dipastikan terawasi dengan baik.

"Khususnya 9 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada pada tahun 2020," pungkasnya.

Baca juga: Bawaslu Riau road show Pilkada 2020 ke empat desa terpencil

Baca juga: Bawaslu keluhkan penanganan kasus politik uang Pemilu terkendala saksi


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar