Bawaslu Riau road show Pilkada 2020 ke empat desa terpencil

id Bawaslu

Bawaslu Riau road show Pilkada 2020 ke empat desa terpencil

Bawaslu  Provinsi Riau, menggelar road show  tahapan Pilkada 2020, ke empat desa. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau menggelar road show tahapan Pilkada 2020, ke empat desa di wilayah setempat guna sosialisasi pada 14-17 November 2019.

Anggota Bawaslu Riau, Hasandi Pekanbaru, Selasa, mengatakan pada kegiatan iin Bawaslu Provinsi Riau mengambil tema "Bawaslu Riau masuk Desa".

Dimana desa yang mendapatkan kesempatan pertama di Dusun Air Bomban, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Dusun Air Bomban merupakan wilayah yang masuk dalam daerah konservasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Provinsi Riau.

Sebelum melaksanakan sosialisasi ke Dusun Air Bomban, Bawaslu Riau yang dibantu oleh Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu mengajukan izin Balai TNBT dan Kepala Desa untuk masuk ke daerah tersebut.

Pada Jumat (15/11)Bawaslu Riau memulai perjalanan ke Desa Rantau Langsat. sebelumnya Bawaslu Provinsi Riau dan Bawaslu Indragiri Hulu bersama salah satu anggota dari Balai TNBT, Andi Moenandar melakukan pertemuan guna membicarakan agenda dan beliau juga menjelaskan medan yang akan dilalui mulai dari Pematang reba hingga ke Dusun Air Bomban.

"Pejalanan kita dari sini sekitar 7 jam, yaitu perjalanan darat menuju ke dusun Lemang, desa Rantau langsat sekitar 2 jam, kemudian dari dusun Lemang ke dusun Air Bomban dilanjutkan menggunakan Perahu bertenaga mesin sekita 4 sampai 5 jam, lamanya perjalanan mengarungi sungai dikarenakan ke Dusun Air Bomban melawan arus dan semakin ke hulu sungai semakin dangkal yang berkemungkinan sampan akan sering kandas dan penumpang turun berjalan kaki," jelasnya.

Perjalanan yang dimulai sekitar pukul 14.15 WIB dari tepian sungai di Dusun Lemang, sampai ke tepian Dusun Air Bomban sekitar pukul 17.30 WIB. Keesokan harinya Bawaslu Riau melaksanakan sosialisasi kepada warga di Dusun Air Bomban dimulai pukul 08.00 WIB. Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat Air Bomban dapat berpartisipasi mengawasiPilkada Tahun 2020.

"Kami hadir di sini bukan bermaksud menggurui namun kita bersama menyamakan persepsi terkait Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan tahun 2020," tuturnya.

Warga Dusun Air Bomban sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang hadir, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu bahkan anak-anak juga ikut hadir ke rumah salah satu warga yang dituakan di dusun tersebut.

Sementara itu Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, yang ikut dalam rombongan menyampaikan tentang aturan tentang money politik. "Bapak, Ibu mari kita tolak politik uang karena aturan pada Pilkada ini bagi pemberi dan penerima sama-sama dikenai sanksi," kata Rusidi.

Anggota Bawaslu Kabupaten indragiri Hilir, Mulianto mendapat tugas menyosialisasikan tentang perekrutan Panwas Kecamatan yang sudah dibuka dan juga nantinya juga ada perekrutan Pengawas TPS.

Sosialisasi dilanjutkan di ke Dusun Suit dengan mendatangi rumah warga menyebarkan poster dengan bertuliskan “Tolak Politik Uang”.

Hasan mengingatkan masyarakat jangan terima apapun dari calon kepala daerah."Karena setelah terpilih mereka akan lupa dengan bapak/ibu, maka pilihlah pemimpin yang baik, bagaimana kriteria pemimpin yang baik itu, yang sesuai dengan hati nurani," tutupnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar