OJK : Belum ada tanda-tanda BRK akan pilih Dirut menjelang akhir tahun

id Ojk,BRK,bank riau kepri,dirut BRK kosong,berita riau antara,berita riau terbaru

OJK : Belum ada tanda-tanda BRK akan pilih Dirut menjelang akhir tahun

Gedung Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri di Pekanbaru (ANTARA/Vera)

Pekanbaru (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau menyatakah hingga kini belum ada tanda-tanda pemegang saham PT Bank Riau Kepri (BRK) akan memilih direktur utama di sisa waktu menjelang akhir tahun, guna mengisi kekosongan jabatan yang setahun lebih sudah ditinggal Irvandi Gustari.

"Pasalnya sampai kini usulan nama-nama yang akan mengisi jabatan Diretur Utama BRK belum ada sampai ke OJK untuk dilakukan "fit and proper test," kata Kepala OJK Riau Yusri di Pekanbaru, Jumat.

Yusri menjelaskan untuk melaksanakan sebuah "fit and proper test" butuh waktu beberapa bulan. Sementara tahun ini hanya tersisa tiga bulan lagi.

"Jadi jika dilihat situasinya hingga sekarang, memang saya pesimis Dirut BRK bisa terisi hingga akhir tahun nanti. Karena sampai sekarang belum dapat informasi sama sekali sampai mana progres pemilihan Dirut BRK," ujar Yusri.

Baca juga: Dirut BRK kosong, Waka DPRD Riau desak pembentukan pansel

Ia mengatakan menyikapi kondisi tersebut, OJK sifatnya menunggu saja usulan nama-nama dari Panitia seleksi untuk selanjutnya dilakukan "fit and proper test".

"Kami hanya bisa menghimbau, padahal kalau nama-nama yang disampaikan sudah ada dan syarat administrasinya lengkap, kemudian tak ada masalah trek record, juga memiliki integritas yang baik tidak lama, paling sebulanan saja," tegasnya

Disinggung mengenai apakah hal ini akan mempengaruhi kinerja, Yusri memastikan jelas. Khususnya untuk hal fanding dan kredit.

"Dampaknya rencana bisnis dan kinerja BRK tidak sesuai yang ditargetkan. Sementara untuk kredit, investasi, DPK juga tergantung management yang ada," tegasnya.

Baca juga: OJK ingatkan RUPS BRK serius isi jabatan Dirut demi kesehatan bank

Karenanya OJK tetap meminta pemegang saham BRK segera mengusulkan nama calon Dirut. Walau sejauh ini secara tingkat kesehatan bank, pengawasan masih dalam posisi nolmal.

Seperti diketahui hingga saat ini seleksi pengisian jabatan Direktur Utama (Dirut) dan Komisaris Utama (Komut) dan dua direksi Bank Riau Kepri belum juga dimulai. Adapun perkiraan dibukanya penerimaan calon Dirut, Komut, dan dua direksi BRK pada akhir September dan awal Oktober mendatang.

Baca juga: Kejati Riau sita aset tersangka korupsi Bank Riau Kepri

Baca juga: Bapenda gandeng BRK pasang 133 tapping box baru di Pekanbaru
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar