Karhutla Riau - Asap kebakaran lahan Rimbo Panjang selimuti jalan Pekanbaru-Padang

id kabut asap,karhutla,jalan pekanbaru padang,rimbo panjang,kebakaran hutan,kebakaran hutan dan lahan,asap karhutla,kabut asap riau,berita riau antara,be

Karhutla Riau - Asap kebakaran lahan Rimbo Panjang selimuti jalan Pekanbaru-Padang

Asap pekat karhutla menyelimuti jalan lintas sumatera rute Pekanbaru - Padang di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (17/9/2019). ANTARA/FB Anggoro

Kampar, Riau (ANTARA) - Kebakaran lahan gambut di daerah Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, semakin meluas dan menimbulkan kabut asap pekat yang menyelimuti Jalan Raya Lintas Sumatera rute Pekanbaru - Padang, Sumatera Barat.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Rimbo Panjang, Selasa, asap pekat menyelimuti jalan raya sehingga jarak pandang menurun diperkirakan tinggal tinggal satu kilometer. Pengendara yang melintas di jalan antarprovinsi tersebut terpaksa memperlambat laju kendaraan.

Kebakaran terjadi di lahan gambut yang ditumbuhi pohon dan semak belukar. Personel dari Satgas Karhutla Riau terlihat terus mencoba memadamkan api mulai dari Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, TNI dan dibantu warga setempat.

“Asapnya pekat sekali, lebih pekat dari kemarin,” kata seorang warga Rimbo Panjang, Anik (28).

Ia menjelaskan kebakaran di Rimbo Panjang mulai meluas sejak hari Minggu (15/9). Meski pemadam kebakaran sudah datang dari berbagai instansi, lanjutnya, cuaca kering dan angin yang berhembus kencang membuat api muncul lagi di lahan gambut.

“Asap sudah terasa sampai ke dalam rumah warga,” katanya.

Baca juga: Mendagri tegur Pemda Riau, Kepala Daerah harus punya tanggungjawab

Seorang pemadam kebakaran dari Manggala Agni, Gunawan, mengatakan kebakaran lahan terus muncul membuat petugas nyaris tidak bisa istirahat.

“Jam 12 siang api naik lagi, terpaksa kami menunda makan siang dan kerja lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan kendala di lapangan adalah angin sangat kencang dan sumber air mulai habis.

Asap pekat dari kebakaran di Rimbo Panjang kemungkin besar akan terbawa angin ke Pekanbaru karena daerah tersebut merupakan perbatasan Kampar dengan Pekanbaru.

Berdasarkan data BMKG Stasiun Pekanbaru, satelit Terra dan Aqua pada pukul 16.00 WIB mendeteksi ada 74 titik panas indikasi karhutla di Riau. Lokasi paling banyak adalah di Kabupaten Pelalawan ada 32 titik, Indragiri Hulu (Inhu) 14 titik, Rokan Hilir (Rohil) 10 titik, Kota Dumaitujuh titik, Indragiri Hilir lima titik, Kampar dan Kuansing masing-masing dua titik, dan Bengkalis dan Rokan Hulu (Rohul) masing-masing satu titik panas.

Dari jumlah tersebut ada 35 yang dipastikan titik api. Lokasi paling banyak di Pelalawan dengan 22 titik, Inhu lima titik, Dumaiempattitik, Rohiltiga titik, dan Inhil satu titik.

Baca juga: Sebaran asap karhutla terdeteksi hingga ke Singapura dan Malaysia

Baca juga: Karhutla Riau - Gubernur Anies kirim 65 Satgas Karhutla ke Riau

Baca juga: Karhutla Riau - Jokowi tegaskan pentingnya upaya pencegahan Karhutla