Karhutla Riau - Wali Kota Pekanbaru perintahkan laksanakan salat minta hujan

id salat istisqa, asap pekanbaru, bencana asap

Karhutla Riau - Wali Kota Pekanbaru perintahkan laksanakan salat minta hujan

Umat muslim melaksanakan shalat minta hujan (Istisqa) saat kabut asap di halaman Kantor Gubernur Riau, di Pekanbaru, Riau, Rabu (11/9/2019). ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp.

Pekanbaru (ANTARA) - Wali Kota Pekanbaru Firdaus memerintahkan Sekretaris Daerah untuk melaksanakan Salat Istisqa atau salat minta hujan guna memohon kepada Yang Kuasa agar bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) agar lekas berakhir.

"Salat Istisqa akan laksanakan di lapangan Kantor Walikota Sudirman hari Jumat ini," kata Kepala Hubungan Masyarakat Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman di Pekanbaru, Kamis.

Mas Irba, sapaan akrabnya, menjelaskan pada Salat Istisqa itu wali kota mewajibkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersama melaksanakan ibadah tersebut."Jika masyarakat ingin berpartisipasi, maka dapat melaksanakan shalat dimaksud bersama-sama," ucapnya seraya menambahkan, jika terjadi perubahan kondisi cuaca maka Salat Istisqa ditiadakan.

Selain itu, wali kota juga memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaruuntuk lebih memaksimalkan fungsi Puskesmas dalam melayani masyarakat yang terkena Infeksi Saruran Pernafasan Atas (ISPA).

"Wali kota bahkan meminta Puskesmas Pembantu (PUSTU) untuk mengaktifkan kegiatannya, namun jika kondisi masyarakat yang dilayani memerlukan rujukan, agar segera dirujuk ke Puskesmas dan RS Madani," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat, pada pukul 08.00 WIB, Kamis (12/9/2019), jarak pandang sejumlah wilayah di Riau merosot.

"Di Pelalawan visibility jarak pandang 500 meter. Sementara di Rengat 800 meter. Semuanya karena asap," ujar Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami.

Sementara di Kota Pekanbaru, jarak pandang juga menurun, hanya 700 meter. Demikian juga di Kampar, tepatnya di Tambang, jarak pandang cuma 3 kilometer.

"Sementara di Dumai visibility 2 kilometer," imbuhnya.

Baca juga: Kepergian Gubernur ke Thailand disorot. Anggota DPRD: Tak cerminkan sikap pemimpin

Baca juga: VIDEO - Asap semakin parah, ribuan warga Riau salat minta hujan