Maknai Tahun Baru Hijriah dengan bekerja lebih baik

id Kemenag Riau,hijriah

Maknai Tahun Baru Hijriah dengan bekerja lebih baik

Ilustrasi - Kemeriahan menyambut Tahun Baru Islam 1441 H melaui pawai obor yang diikuti seluruh unsur Forkopimda dan ribua warga Kota Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Aditya Rohman/Antaranews)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin MA, mengingatkan pegawai di jajaran kemenag Riau untuk bekerja lebih baik lagi dalam memaknai peringatan tahun baru Islam 1441.

"Tahun baru hijriah diharap bisa lebih meningkatkan motivasi kita untuk menjadi lebih baik, dan bekerja lebih semangat lagi," kata Mahyudin di aula Kantor Kemenag Riau, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Mahyudin, Tahun Baru Hijriah adalah salah satu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

"Kalender Hijriah secara resmi belum digunakan ketika zaman Rasulullah SAW dan kalender ini dimulai pada zaman Khalifah kedua, yaitu Umar al-Faruq R.A," katanya.

Oleh karena itu, katanya, dalam memperingati Tahun Baru Hijriah, sekaligus menjadi momen untuk mengenangkan betapa pentingnya peristiwa hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam.

Saat itu, katanya, pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar merata dunia.

Peringatan Tahun baru Hijriah di Riau bertema "Wujudkan Semangat Hijrah Menuju Kemaslahatan dan Kedamaian Umat" diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti Forkom Kubu dan Masjid Besar Al-Furqon menggelar Tabligh Akbar dan pawai obor, Sabtu (31/8).

Selain itu Forum Komunikasi (Forkom) Pemuda Peduli Kenegerian Kubu Rokan Hilir, bersama Divisi Relawan Muda Tanggap Bencana Kecamatan Kubu dan Masjid Besar Al-Furqon menggelar acara Tabligh Akbar dan Pawai Obor di Masjid Besar Al-Furqon Kecamatan Kubu pada Sabtu (31/8).

Madrasah Tsnawiyah (MTs) TI Batu Belah menggelar pawai akbar yang melibatkan seluruh pelajar, orang tua dan wali murid, majelis guru dan masyarakat.

Baca juga: Usai shalat Ied, Bupati Inhil gelar open house di kediaman dinas

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar