Dinkes Tingkatkan Jumlah Warga Penerima Jamkesda

id dinkes tingkatkan, jumlah warga, penerima jamkesda

Pasir Pengaraian, 3/11 (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, meningkatkan jumlah penduduk miskin penerima kartu pelayanan jaminan kesehatan daerah pada 2011.

"Pada 2011 kami akan menambah jumlah penerima Jamkesda bagi masyarakat miskin menjadi 90.000 jiwa, meningkat 50.000 jiwa dari 2010 yang hanya 40.000 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hulu Wildan Asfan Hasibuan di Pasir Pengaraian, Rabu.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah penerima Jamkesda itu akan dianggarkan melalui APBD.

Pelayanan kesehatan gratis di Rokan Hulu, katanya, juga telah diberikan dalam bentuk program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang didanai APBN.

Ia mengatakan pada 2010 program itu sudah berjalan untuk 104.265 masyarakat.

"Jadi kami harapkan beberapa tahun ke depan berobat gratis dapat terwujud sebab biaya pengobatan cukup tinggi sehingga pengobatan gratis dapat mengurangi beban masyarakat," terangnya.

Menurut dia, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pemegang kartu Jamkesmas dan Jamkesda tidak akan dibedakan dengan pelayanan kesehatan pasien lain.

Kata Wildan, masyarakat yang berobat ke rumah sakit umum daerah harus mengikuti mekanime yang berlaku yakni harus mendapatkan mendapat rujukan dari dokter di puskesmas.

"Jika tanpa rujukan, berarti tidak mengikuti mekanisme dan tidak bisa berobat gratis," tuturnya.

Ia mengatakan, untuk mendapat rujukkan dari Puskesmas tidak akan dikenakan biaya sehingga masyarakat diharapkan dapat mengikuti perosedur penggunaan kartu Jamkesda dan Jamkesmas dengan baik.

"Untuk mendapat rujukan tidak dikenai biaya, dan pasien tidak harus dirujuk ke rumah sakit jika bisa ditangani di Puskesmas," kata Wildan.